Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor Terapan Politeknik STIA LAN Jakarta Nanank Syamsudin.

Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan Sidang Ujian Terbuka Promosi Doktor Terapan Administrasi Pembangunan Negara Politeknik STIA LAN Jakarta atas nama mahasiswa Nanank syamsudin, Amd. IP, SH, S.Sos, MH dengan Judul Disertasi “Penanganan Overcrowded Melalui Model Collaborative Governance Pada Rumah Tahanan Negara Dan Lembaga Pemasyarakatan”. Ujian ini dipimpin oleh Ketua Sidang, Prof. Dr.R Luki Karunia, SE.Ak.MA.CA.CACP dengan dihadiri oleh pegawai Politeknik STIA LAN Jakarta dan para undangan lainnya, di Ruang Serbaguna Kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, Jum’at 13 Oktober 2023.

Dalam disertasinya, promovendus Nanank Syamsudin mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang mengalami overcrowded terbesar ke dua di Asia Tenggara. Overcrowded pada Rutan dan Lapas tersebut berdampak pada munculnya persoalan baru, antara lain tingginya angka pemenuhan kebutuhan hidup bagi narapidana dan tahanan, masalah kesehatan, peningkatan residivis, dan munculnya gangguan keamanan yang dapat mengganggu pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan. Ini menjadi perhatian karena hingga saat ini rumah tahanan negara masih Overload di Indonesia, ini menjadi masalah besar bagi para narapidana karena kesehatan menjadi taruhannya, salah satunya adalah HIV/AIDS yang penularannya sangat cepat. Nanank mengatakan beberapa upaya telah dilakukan dengan harapan permasalahan overcrowded di Rutan dan Lapas dapat teratasi sebagaimana arah kebijakan Rencana Strategis dan pemasyarakatan 2020-2024. Namun, faktanya tingkat kepadatan hunian terus meningkat. Nanank menyampaikan bahwa penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebab penanganan overcrowded melalui collaborative governance pada rutan dan lapas saat ini yang belum optimal dan kemudian memberikan solusi melalui model terhadap penanganan overcrowded melalui colaboratif governance pada Rutan dan Lapas.

Sidang Terbuka Nanank Syamsudin menghadirkan Tim Penguji yang terdiri dari :

  1. Prof. Dr. R. Luki Karunia, SE.Ak.MA.CA.CACP; Ketua Sidang
  2. Dr. A. Rina Agustin Herawati, M.Si; Sekretaris
  3. Dr. Mala Sondang Silitonga, MA; Anggota 1
  4. Dr. Adi Sujatno, SH.,MH ; Anggota 2
  5. Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA; Promotor
  6. Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., MA., Ko Promotor 1
  7. Dr. Bambang Giyanto, M.Pd., Ko Promotor 2

Nanank Syamsudin dinyatakan lulus dengan IPK 3,67. Dengan kelulusan tersebut Nanank Syamsudin berhak menyandang gelar akademik Doktor Terapan. Nanank Syamsudin menjadi mahasiswa Keempat yang lulus di Angkatan nya pada program doktor terapan program studi Administrasi Pembangunan Negara Politeknik STIA LAN Jakarta.

Selamat kepada Dr.Tr. Nanank syamsudin, Amd. IP, SH, S.Sos, MH. Semoga ilmu yang telah didapatkan menjadi keberkahan dan mampu berkontribusi terhadap penyelesaian masalah yang terjadi di bidang administrasi pembangunan.

Share this:

WISUDA 2024
Sabtu, 03 Agustus 2024
Segera daftarkan diri anda,
batas pendaftaran
Kamis, 27 Juni 2024
kuota terbatas !
Cek Kuota

This will close in 10 seconds

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/