Showcase Kebijakan Praktikum Mata Kuliah Kapita Selekta Isu-Isu Strategis Kebijakan Publik

Showcase Kebijakan Praktikum Mata Kuliah Kapita Selekta Isu-Isu Strategis Kebijakan Publik

Untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami isu-isu strategis kebijakan publik,
Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan Showcase Kebijakan sebagai bentuk Praktikum Mata Kuliah Kapita Selekta Isu-Isu Strategis Kebijakan Publik yang dibuka dan dihadiri oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Nurliah Nurdin, MA., di Lobby Politeknik STIA LAN Jakarta, Kamis, 8 Juni 2023.

Kegiatan Showcase ini didampingi oleh Dosen Pengampunya yaitu Hidayaturahmi, S.Sos., MPA dan Dr. Neneng Sri Rahayu, ST., M.Si., dari Prodi APN Politeknik STIA LAN Jakarta.

Hidyaturahmi mengatakan pentingnya mahasiswa memahami isu-isu strategi kebijakan publik sebagai bentuk pembelajaran dan pemikiran kritis terhadap permasalahan publik. Isu-isu publik yang diidentifikasi ini kemudian dianalisa dan dilanjutkan dengan rekomendasi kebijakan yang dituangkan dalam bentuk policy brief. Melalui kegiatan praktikum ini diharapkan mahasiswa dapat mempersiapkan dirinya sebagai lulusan yang mampu dan kompeten dalam menyusun rekomendasi kebijakan.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA. dalam sambutannya mengatakan isu strategis adalah kondisi atau hal yang harus diperhatikan atau dikedepankan dalam perencanaan pembangunan karena dampaknya yang signifikan bagi entitas di masa mendatang.
Untuk itu mahasiswa harus diberikan challenge untuk terus mengasah kemampuannya dalam mengidentifikasi dan membahas isu-isu strategis kebijakan publik.

Dalam kegiatan showcase kebijakan ini, mahasiswa secara berkelompok menampilkan hasil prakteknya dalam menyusun policy brief yang terkait dengan isu-isu antara lain: gender dan birokrasi, kemiskinan, ekonomi hijau, manajemen bencana, dan anti korupsi.

Showcase ini juga dihadiri oleh para dosen dan alumni untuk memberikan masukan perbaikan pada dokumen policy brief yang dipresentasikan.

Share this: