Seminar dan Launching Lembaga Sertifikasi & Career Development Center Politeknik STIA LAN Jakarta

Dahulu ketika mencari pekerjaan, kita perlu mengunjungi kantor perusahaan untuk mengumpulkan CV dan surat lamaran. Iklan lowongan pekerjaan juga sering ditemukan pada koran, majalah, atau brosur. Namun, di era digital ini kita dapat mengirimkan CV melalui email. Lowongan pekerjaan dapat dengan mudah dicari dan dilamar dengan situs-situs dan aplikasi tertentu.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof.Dr. Nurliah Nurdin, MA., pada Seminar dan Launching Lembaga Sertifikasi & Career Development Center
“informasi Pasar Kerja Dalam dan Luar Negeri” yang diselenggarakan oleh Politeknik STIA LAN Jakarta, dengan narasumber Sigit Ary Prasetyo, S,E, M.A.P., Koordinator Pengembangan Kemitraan
Dan Jejaring Pasar Kerja Pusat Pasar Kerja, Kemenaker RI. Di Ruang Serbaguna Politeknik STIA LAN Jakarta, Jum’at, 9 Juni 2023.

Seminar dan Launching Lembaga Sertifikasi & Career Development Center “informasi Pasar Kerja Dalam dan Luar Negeri”, Dibuka oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA., diikuti Mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta.

Sigit Ary mengatakan yang kita alami risiko missmatch (ketidakcocokan) akibat digitalisasi.
Akibatnya muncul jenis pekerjaan baru dan Hilangnya pekerjaan lama, peluang jenis lapangan kerja baru yang dibutuhkan lebih banyak dari jenis pekerjaan yang hilang.

berbagai perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mewujud dalam sistem digitalisasi yang juga berimplikasi terhadap dunia ketenagakerjaan.

Dengan digitalisasi dunia kerja ada peningkatan dan penurunan permintaan tenaga kerja.

Kemenaker RI telah memudahkan para pencari kerja melalui aplikasi yang bisa di download seperti
Marketplace Peningkatan Keahlian Melalui Pelatihan “Skillhub”, Marketplace Sertifikasi Profesi “Sertihub”, Informasi Pasar Kerja “Karirhub”, Program Perluasan Kesempatan Kerja “Bizhub”

Sigit Ary menambahkan Program untuk talenta muda di Indonesia diantaranya Talent Scouting yaitu pemetaan, pendampingan dan Pembinaan bagi talenta muda untuk melahirkan Inovator Muda, Talent Fest yaitu Forum Pertemuan antara talenta muda dan startup dengan industri dan venue capital, Talent Corner yaitu peningkatan kompetensi talenta muda daerah untuk menyambut future jobs sebagai cabang dari talent hub di UPTP BPVP di daerah, Talent Class yaitu Pembinaan talent muda dalam melakukan perencanaan karir, peningkatan softskill dan hard skill yang disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja profesional.

Talk show berjalan lancar diikuti antusias oleh para Mahasiswa yang sebentar lagi mereka akan masuk menjadi “pencari kerja”.

Share this: