Langkah Strategis: Politeknik STIA LAN Jakarta Jajaki Kerjasama Jangka Panjang dengan INHA University di Seoul

Langkah Strategis: Politeknik STIA LAN Jakarta Jajaki Kerjasama Jangka Panjang dengan INHA University di Seoul – Jumat, 28 Juni 2024

Seoul, Korea Selatan – Pada tanggal 28 Juni 2024, delegasi Politeknik STIA LAN Jakarta yang dipimpin oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA, melakukan kunjungan strategis ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul. Kunjungan ini merupakan langkah awal dalam penjajakan kerjasama jangka panjang antara Politeknik STIA LAN Jakarta dan INHA University, serta memperkuat hubungan akademik dan kolaborasi penelitian antara Indonesia dan Korea Selatan.

Pertemuan dengan Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia
Dalam kunjungan ini, Prof. Dr. Nurliah Nurdin diterima oleh sejumlah pejabat penting Kedutaan Besar Republik Indonesia, yaitu Minister / Charge d’Affaires a.i. Zelda Wulan Kartika, Amaliah Fitriah, Ph.D (Education and Culture Attaché), dan Rina F. Wayuningsih (Minister Counsellor for Political Affairs and International Organizations). Pertemuan yang berlangsung di Yeongdeungpo District, Seoul, ini bertujuan untuk membahas potensi kerjasama jangka panjang dan multi-year dengan INHA University, serta memperkuat hubungan akademik antara kedua negara.

Sebelumnya, Politeknik STIA LAN Jakarta telah mengajukan program kerjasama jangka panjang dengan INHA university yang salah satunya diwujudkan melalui kolaborasi pelatihan internasional “Program for Smart Governance and Policy Capacity Building 2024” yang diikuti oleh peserta dari Indonesia, Kazakhstan dan Mongolia di Seoul. Selain itu, langkah lain dari kerjasama ini adalah terbukanya peluang beasiswa kompetitif untuk perwakilan dari Politeknik STIA LAN Jakarta dan peluang untuk pelaksanaan pelatihan sejenis di periode berikutnya.

Selama diskusi dengan pihak Kedutaan Besar RI, disampaikan hasil eksplorasi berbagai peluang kerjasama yang dapat diimplementasikan dalam waktu dekat, diantaranya:

  1. Kerjasama Tridharma Perguruan Tinggi
    Kedua belah pihak menekankan pentingnya kerjasama dalam Tridharma perguruan tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Beberapa peluang yang dibahas termasuk bantuan pendanaan beasiswa S3, kolaborasi riset, publikasi bersama, dan program pelatihan yang dapat meningkatkan kapasitas akademik dan profesional SDM.
  2. Kolaborasi Riset dan Publikasi
    Diskusi mendalam dilakukan mengenai potensi kolaborasi riset antara Politeknik STIA LAN Jakarta dan INHA University. Bidang-bidang riset yang menjadi perhatian utama meliputi smart governance, tata kelola kota cerdas, dan inovasi dalam pelayanan publik. Kerjasama ini diharapkan dapat menghasilkan publikasi ilmiah yang berdampak luas dan bermanfaat bagi kedua negara.
  3. Program Pelatihan dan Pengembangan Kapasitas
    Program pelatihan dan pengembangan kapasitas juga menjadi agenda utama dalam pembahasan. Selain pelatihan internasional berkaitan dengan Smart Governance dan tata kelola publik, Politeknik STIA LAN Jakarta dan INHA University juga telah berencana untuk berkolaborasi dalam perhelatan International Conference on Governance Public Administration and Social Science 2024 di Indonesia.
  4. Peluang Beasiswa S3
    Salah satu topik yang sangat penting dalam diskusi adalah peluang beasiswa S3 bagi kedua belah pihak. Kerjasama ini diharapkan dapat membuka peluang bagi para dosen dan mahasiswa dari Politeknik STIA LAN Jakarta untuk melanjutkan studi di INHA University, serta sebaliknya. Program beasiswa ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi.

Prof. Dr. Nurliah Nurdin menyampaikan harapannya agar kerjasama ini dapat segera direalisasikan dan memberikan manfaat nyata bagi kedua belah pihak. Beliau juga mengapresiasi dukungan dan kerjasama yang baik dari pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Seoul.

Selain dari Politeknik STIA LAN Jakarta, kunjungan dengan kedutaan besar RI ini juga dihadiri oleh Moh. Rizal, SE, M.Si (Sekretaris BPSDM Kemendagri), Dr. Tutik Lestari (Plh. Kapus Pengembangan Kompetensi Manajemen Kepemimpinan), Indra Maulana Syamsul Arif, M.Si (Kapus PSDM Regional Bandung), Dr. Sadry (Kepala Bagian Integrasi BPSDM), Hana Widuri, M.Si (Kasubbag Perundang-
Undangan dan kerjasama BPSDM Kemendagri).

Kunjungan ini merupakan langkah awal yang sangat penting dalam memperkuat hubungan antara Politeknik STIA LAN Jakarta dan berbagai institusi di Korea Selatan, khususnya INHA University. Diskusi yang konstruktif dan produktif ini membuka peluang kerjasama yang luas dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengembangan kapasitas.

Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan Politeknik STIA LAN Jakarta dan INHA University dapat bersama-sama menciptakan inovasi dan kontribusi positif dalam bidang tata kelola pemerintahan dan kebijakan publik, serta meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di kedua negara.

Share this:

WISUDA 2024
Sabtu, 03 Agustus 2024
Segera daftarkan diri anda,
batas pendaftaran
Kamis, 27 Juni 2024
kuota terbatas !
Cek Kuota

This will close in 10 seconds

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/