Webinar Internasional “Indonesia-Japan Knowledge Exchange Seminar 2023”

Jakarta, 5 Oktober 2023 – Politeknik STIA LAN Jakarta bekerja sama dengan Japan Center for Local Administration and International Relations (JCLAIR) sukses menggelar sebuah webinar internasional bertajuk “Indonesia-Japan Knowledge Exchange Seminar 2023” dengan tema “Public-Private Partnerships for Public Prosperity.” Acara ini diselenggarakan secara daring melalui platform Zoom Meeting dan kanal YouTube resmi Politeknik STIA LAN Jakarta.

Webinar yang dihadiri oleh mahasiswa dan peserta umum dari berbagai negara ini menampilkan beberapa narasumber unggulan dalam bidang kebijakan publik dan kerja sama antara pemerintah dan swasta. Acara dibuka dengan sambutan dari Dr. Tri Widodo, MA, Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, yang menggarisbawahi pentingnya respon positif pemerintah pasca pandemi COVID-19 dengan fokus pada kualitas kebijakan publik dan prinsip kolaborasi.

Sambutan lain juga diberikan oleh Mr. Tagashira Shinji, Deputy Director International Affairs Office Local Administration Bureau, Ministry of Communication and Internal Affairs Japan, yang menekankan harapan agar acara ini dapat menjadi jalan untuk berbagi pengetahuan dan berkontribusi bagi kedua negara.

Moderator acara, Muhammad Rizki, SE., M.M, dosen Politeknik STIA LAN Jakarta, memandu diskusi dengan empat narasumber ahli. Mr. Nagata Masaru, Deputy Director General of Comprehensive Policy Department, Okazaki City, membahas perbedaan pola pikir pemerintah dan sektor swasta serta pentingnya kolaborasi untuk mencapai tujuan bersama.

Dr. H. Wahdi Siradjuddin, Sp.OG(K).M.H, Walikota Kota Metro, membahas JARINGAN MASYARAKAT PEDULI ANAK IBU (JAMA-PAI) dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun sumber daya manusia menuju Generasi Indonesia Emas 2045.

Mr. Tomita Yoshinari, Walikota Yokoze Town, menjelaskan Platform Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha “Yokorabo” yang memanfaatkan sumber daya yang ada, fleksibilitas, strategi yang baik, serta berani menghadapi tantangan baru.

Terakhir, Indah Putri Indriani, S.I.P., M.Si, Bupati Luwu Utara, membagikan gambaran skema Public-Private Partnership (PPP) atau Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) di Luwu Utara.

Acara ditutup oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA yang menekankan pentingnya penguatan pemerintah daerah di berbagai sektor.

Webinar ini merupakan salah satu upaya untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang serta berbagi pengetahuan yang berguna untuk pembangunan masa depan kedua negara.

webinarinternational #jclair #seminar #politeknikstialanjakarta

Share this:

Wisuda 2024


Sabtu, 03 Agustus 2024
segera daftarkan diri anda,
kuota terbatas !

This will close in 10 seconds

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/