Spirit Syawal Memperkuat Ukhuwah Insaniyah

Spirit Syawal  Memperkuat Ukhuwah Insaniyah

Dalam rangka mempererat tali silaturahim sesama keluarga besar sivitas akademika, Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Halal bihalal  dengan tema "Melalui Spirit Syawal Kita Perkuat Ukhuwah Insaniyah" dengan menghadirkan penceramah Ustadz Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A. 

Kegiatan ini diselenggarakan secara luring dan daring via aplikasi Zoom, bertempat di ruang serbaguna kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, pada hari Jumat 21 Mei 2021 pukul 09.00 WIB.

Kegiatan Halal bihalal ini juga dirangkai dengan pelepasan purnabakti Bapak Drs. Mokhamad Syuhadak, M P.A., dosen Politeknik STIA LAN Jakarta yang awal bulan Mei 2021 ini memasuki masa purnabakti.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA., mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk menyambung silaturahim seluruh sivitas akademika  Politeknik STIA LAN Jakarta. Nurliah juga memberikan ucapan selamat kepada Bapak  Syuhadhak yang telah memasuki masa purnabakti, semoga senantiasa dilimpahkan kesehatan dan tetap berpikir akademis melalui kegiatan mengajar dan menulis.

Ceramah agama pada halal bihalal ini disampaikan oleh Ustadz Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A. Beliau menyampaikan pentingnya tentang spirit syawal  memperkuat ukhuwah insaniyah. 
Makna spirit bulan Syawal menunjuk realitas apa adanya, idealitas atau seyogyanya. Adapun makna ukhuwah insaniyah disandarkan pada petunjuk sunnah dan tradisi.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman:

اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ اِخْوَةٌ فَاَ صْلِحُوْا بَيْنَ اَخَوَيْكُمْ وَا تَّقُوا اللّٰهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُوْنَ
"Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara, karena itu damaikanlah antara kedua saudaramu (yang berselisih) dan bertakwalah kepada Allah agar kamu mendapat rahmat."
(QS. Al-Hujurat: Ayat 10)

Ukhuwah Insaniyah meminta syarat ketulusan, kejujuran, tenggang rasa, saling menerima, dengan syarat ketulusan,  gentleman, kejujuran, keterbukaan, simphaty dan emphaty sebagaimana yang terkandung dalam perintah Allah SWT.

Maka dari itu, Ustadz Imam mengajak segenap peserta halal bihalal untuk mewujudkan ukhuwah insaniyah sesuai dengan perintah Allah SWT dan contoh dari Nabi Muhammad SAW.

Kegiatan halal bihalal ini diakhiri dengan acara bersalam-salaman antara segenap sivitas akademika Politeknik STIA LAN Jakarta yang hadir dan makan bersama dengan suasana yang akrab, dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

#halalbihalal #politeknikstialanjakarta #ukhuwah #islam #lebaran

Share this:

WISUDA 2024
Sabtu, 03 Agustus 2024
Segera daftarkan diri anda,
batas pendaftaran
Kamis, 27 Juni 2024
kuota terbatas !
Cek Kuota

This will close in 10 seconds

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/