Showcase Praktikum Pembelajaran “Paradigma dan Kebijakan Pembangunan dalam Praktik Pemerintah Daerah”

Pada hari Selasa, 4 Juni 2024, lobi Politeknik STIA LAN Jakarta diramaikan oleh kegiatan Showcase hasil pembelajaran praktikum mahasiswa yang mengangkat tema “Paradigma dan Kebijakan Pembangunan dalam Praktik Pemerintah Daerah”. Acara ini diselenggarakan oleh Dr. Hidayaturahmi, S.Sos., MPA, dosen pengampu mata kuliah Paradigma dan Isu Kebijakan Pembangunan.

Kegiatan showcase Paradigma dan kebijakan pembangunan ini difokuskan pada implementasi yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Pemerintah daerah yang menjadi fokus dalam show case ini adalah daerah hasil pemekaran, meliputi: Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua Selatan, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, Gorontalo, Banten, Bangka Belitung, Lampung, dan Kepulauan Riau.

Dalam pemaparannya setiap kelompok mahasiswa mempresentasikan hasil diskusi dan mini riset mereka terkait berbagai kebijakan dari pemerintah daerah yang bersangkutan dalam melaksanakan pembangunan, yang dilihat dari perspektif: proses desentralisasi, pembangunan perkotaan dan perdesaan, competitive advantage daerah, dan analisa paradigma pembangunan yang dijadikan dasar oleh pemerintah daerah dalam membuat kebijakan publiknya. Melalui presentasi yang informatif dan interaktif, setiap mahasiswa menyoroti berbagai aspek paradigma dan kebijakan pembangunan yang telah diterapkan oleh pemerintah daerah.

Acara Showcase ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen dari Politeknik STIA LAN Jakarta, yang antusias mendatangi booth dari setiap kelompok. Para mahasiswa penyaji dalam kelompoknya masing-masing juga memeriahkan acara dengan menggunakan busana daerah dan properti pendukung dari asal daerah yang dipilihnya. Diskusi yang berlangsung di setiap booth juga menjadi momen yang berharga untuk bertukar pendapat dan pengalaman terkait topik yang dibahas.

Dengan demikian, kegiatan ini tidak hanya menjadi ajang untuk memperluas pengetahuan mahasiswa, tetapi juga sebagai penguat proses pembelajaran di lingkungan Politeknik STIA LAN Jakarta sebagai perguruan tinggi yang berbasis terapan.

Share this:

WISUDA 2024
Sabtu, 03 Agustus 2024
Segera daftarkan diri anda,
batas pendaftaran
Kamis, 27 Juni 2024
kuota terbatas !
Cek Kuota

This will close in 10 seconds

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/