Administrasi Pembangunan Negara
“Program studi Administrasi Pembangunan Negara adalah progarm studi yang memfokuskan pada keilmuan dan kemampuan dalam menerapkan bidang administrasi pembangunan negara yang terkait dengan kebijakan-kebijakan pemerintah. Program studi ini menghasilkan riset terapan dan karya-karya ilmiah lainnya yang bermanfaat bagi pengembangan dan praktik administrasi pembangunan negara dan perbaikan praktik penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Sehingga diharapkan dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kinerja birokrasi pemerintah dan mutu kehidupan masyarakat yang lebih baik.”
Visi
“Menjadi Program Studi Terapan yang Unggul Bidang Administrasi Pembangunan Negara pada Tahun 2021”
Misi
- Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan desain dan praktik Administrasi Pembangunan Negara guna meningkatkan daya saing lulusannya di tingkat nasional dan regional;
- Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan Administrasi Pembangunan Negara yang berkontribusi terhadap proses kebijakan publik dan pembangunan negara;
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam praktik Administrasi Pembangunan Negara guna peningkatan kapasitas, pemberdayaan dan penciptaan nilai tambah;
- Mengembangkan keilmuan dan studi terapan dengan menghasilkan karya ilmiah di bidang Administrasi Pembangunan Negara;
- Meningkatkan kerjasama di tingkat nasional dan regional untuk memperkuat program studi Administrasi Pembangunan Negara.
Mata Kuliah
Administrasi Pembangunan Negara | ||||
---|---|---|---|---|
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Semester |
1 | MKK001 | PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI | 3 | 1 |
2 | MKK002 | PENGANTAR ILMU EKONOMI | 3 | 1 |
3 | MKK020 | PENGANTAR ILMU HUKUM DAN HAM | 3 | 1 |
4 | MKK022 | PENGANTAR SOSIOLOGI | 3 | 1 |
5 | MPK001 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 | 1 |
6 | MPK002 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 1 |
7 | MPK003 | BAHASA INDONESIA | 2 | 1 |
8 | MPK004 | BAHASA INGGRIS | 2 | 1 |
9 | MKB028 | BAHASA INGGRIS II (ENGLISH FOR PURPOSES) | 3 | 2 |
10 | MKK007A | PENGANTAR FILSAFAT | 3 | 2 |
11 | MKK011A | SISTEM EKONOMI INDONESIA | 3 | 2 |
12 | MKK019 | DASAR-DASAR KEBIJAKAN PUBLIK | 3 | 2 |
13 | MKK023 | PENGANTAR ADMINISTRASI PEMBANGUNAN | 3 | 2 |
14 | MPB012 | MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA | 3 | 2 |
15 | MPK005 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 2 |
16 | MKB006 | SISTEM INFORMASI MANAJEMEN | 3 | 3 |
17 | MKB007B | STATISTIK (MULTI REGRETION ANALYSIS) | 3 | 3 |
18 | MKB022 | SISTEM HUKUM INDONESIA | 3 | 3 |
19 | MKB023 | SISTEM POLITIK INDONESIA | 3 | 3 |
20 | MKK021 | PENGANTAR ILMU POLITIK | 3 | 3 |
21 | MKK026 | SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA | 3 | 3 |
22 | MPB010 | SANKRI | 3 | 3 |
23 | MBB006 | SISTEM PENGAWASAN DAN PEMBANGUNAN | 3 | 4 |
24 | MKB005 | SISTEM PERENCANAAN DAN PENGANGGARAN PEMBANGUNAN | 3 | 4 |
25 | MKB026 | SISTEM PEMERINTAHAN DAN OTONOMI DAERAH | 3 | 4 |
26 | MKB027 | SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) | 3 | 4 |
27 | MKK024 | DASAR-DASAR ILMU LINGKUNGAN HIDUP | 3 | 4 |
28 | MPB002 | KEPEMIMPINAN | 3 | 4 |
29 | MPB014 | ETIKA BIROKRASI DAN BISNIS | 3 | 4 |
30 | MKB019 | TEKNIK DAN PRAKTEK FORMULASI KEBIJAKAN | 3 | 5 |
31 | MKB031 | METODE PENELITIAN ADMINISTRASI | 3 | 5 |
32 | MKB032 | TEKNIK DAN PRAKTEK PERENCANAAN PEMBANGUNAN | 3 | 5 |
33 | MKK025 | PARADIGMA DAN ISU PEMBANGUNAN | 3 | 5 |
34 | MPB003 | PENGAMBILAN KEPUTUSAN | 3 | 5 |
35 | MPB013 | KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH | 3 | 5 |
36 | MPB015 | MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA | 3 | 5 |
37 | MKB020 | TEKNIK DAN PRAKTEK PENGAWASAN PEMBANGUNAN | 3 | 6 |
38 | MKB024 | TEKNIK KOMUNIKASI DAN NEGOSIASI | 3 | 6 |
39 | MKB029 | ANALISIS KEPENDUDUKAN, MOGRAFI, DAN KETENAGAKERJAAN | 3 | 6 |
40 | MKB030 | TEKNIK DAN PRAKTEK DESAIN ORGANISASI | 3 | 6 |
41 | MKB033 | TEKNIK DAN PRAKTEK IMPLEMENTASI KEBIJAKAN | 3 | 6 |
42 | MKB034 | TEKNIK DAN PRAKTEK PENGADAAN BARANG DAN JASA | 3 | 6 |
43 | MPB016 | INOVASI SEKTOR PUBLIK | 3 | 7 |
44 | MKB018 | TEKNIK DAN PRAKTEK EVALUASI KEBIJAKAN | 3 | 7 |
45 | MKB019 | TEKNIK DAN PRAKTEK MANAJEMEN PROGRAM PROYEK | 3 | 7 |
46 | MKB035 | ANALISIS KEWILAYAHAN DAN GEOSPASIAL | 3 | 7 |
47 | MBB001 | KULIAH KERJA PRAKTEK | 6 | 8 |
48 | MBB002 | SKRIPSI/TUGAS AKHIR | 6 | 8 |
Administrasi Pembangunan Negara Kearsipan | ||||
No | Kode MK | Mata Kuliah | SKS | Semester |
1 | MKK001 | PENGANTAR ILMU ADMINISTRASI | 3 | 1 |
2 | MKK002 | PENGANTAR ILMU EKONOMI | 3 | 1 |
3 | MKK020 | PENGANTAR ILMU HUKUM DAN HAM | 3 | 1 |
4 | MKK022 | PENGANTAR SOSIOLOGI | 3 | 1 |
5 | MPK001 | PENDIDIKAN AGAMA | 2 | 1 |
6 | MPK002 | PENDIDIKAN PANCASILA | 2 | 1 |
7 | MPK003 | BAHASA INDONESIA | 2 | 1 |
8 | MPK004 | BAHASA INGGRIS | 2 | 1 |
9 | MKB028 | BAHASA INGGRIS II (ENGLISH FOR PURPOSES) | 3 | 2 |
10 | MKK011A | SISTEM EKONOMI INDONESIA | 3 | 2 |
11 | MKK019 | DASAR-DASAR KEBIJAKAN PUBLIK | 3 | 2 |
12 | MKK023 | PENGANTAR ADMINISTRASI PEMBANGUNAN | 3 | 2 |
13 | MKK035 | PENGANTAR KEARSIPAN | 3 | 2 |
14 | MPB012 | MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA | 3 | 2 |
15 | MPK005 | KEWARGANEGARAAN | 2 | 2 |
16 | MKB006 | SISTEM INFORMASI MANAJEMEN | 3 | 3 |
17 | MKB007B | STATISTIK (MULTI REGRETION ANALYSIS) | 3 | 3 |
18 | MKB022 | SISTEM HUKUM INDONESIA | 3 | 3 |
19 | MKB023 | SISTEM POLITIK INDONESIA | 3 | 3 |
20 | MKK021 | PENGANTAR ILMU POLITIK | 3 | 3 |
21 | MKK026 | SISTEM SOSIAL BUDAYA INDONESIA | 3 | 3 |
22 | MPB010 | SANKRI | 3 | 3 |
23 | MKB027 | SISTEM AKUNTABILITAS KINERJA INSTANSI PEMERINTAH (SAKIP) | 3 | 4 |
24 | MKB047 | INSTRUMEN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS | 3 | 4 |
25 | MKB050 | PENGURUSAN NASKAH DINAS | 3 | 4 |
26 | MKB053 | ORGANISASI DAN SEJARAH KEARSIPAN | 3 | 4 |
27 | MKB057 | MANUAL KEARSIPAN | 3 | 4 |
28 | MPB002 | KEPEMIMPINAN | 3 | 4 |
29 | MPB024 | PROFESI ARSIPARIS | 3 | 4 |
30 | MBB003 | PROGRAM ARSIP VITAL DAN TERJAGA | 3 | 5 |
31 | MKB031 | METODE PENELITIAN ADMINISTRASI | 3 | 5 |
32 | MKK025 | PARADIGMA DAN ISU PEMBANGUNAN | 3 | 5 |
33 | MKK036 | DASAR-DASAR HUKUM KEARSIPAN | 3 | 5 |
34 | MPB003 | PENGAMBILAN KEPUTUSAN | 3 | 5 |
35 | MPB013 | KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH | 3 | 5 |
36 | MPB015 | MANAJEMEN PELAYANAN PRIMA | 3 | 5 |
37 | MKB034 | TEKNIK DAN PRAKTEK PENGADAAN BARANG DAN JASA | 3 | 6 |
38 | MKB048 | PENYUSUTAN ARSIP | 3 | 6 |
39 | MKB049 | PENGELOLAAN ARSIP AKTIF | 3 | 6 |
40 | MKB051 | AKUISISI DAN PENGOLAHAN ARSIP STATIS | 3 | 6 |
41 | MKB054 | PRESERVASI ARSIP | 3 | 6 |
42 | MKB055 | PEMANFAATAN DAN LAYANAN INFORMASI KEARSIPAN | 3 | 6 |
43 | MKB056 | PENGELOLAAN E-ARSIP | 3 | 6 |
Kurikulum
Mata kuliah pada Program Studi Administrasi Pembangunan Negara terdiri dari mata kuliah wajib dan pilihan, dengan jumlah total SKS keseluruhan sebanyak 145 SKS. Mata kuliah disebar dalam paket 8 (delapan) semester dengan jumlah total mata kuliah sebanyak 52. Pengelompokkan mata kuliah terdiri dari 5 kelompok mata kuliah berdasarkan rumpun ilmu, dengan distribusi sebagai berikut:
- Rumpun Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK) terdiri dari 5 mata kuliah dengan total 10 SKS
- Rumpun Mata Kuliah Keilmuan dan Ketrampilan (MKK) terdiri dari 18 mata kuliah dengan total 50 SKS
- Rumpun Mata Kuliah Keahlian Berkarya (MKB) terdiri dari 18 mata kuliah dengan total 49 SKS
- Rumpun Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB) terdiri dari 9 mata kuliah dengan total 24 SKS
- Rumpun Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB) terdiri dari 2 mata kuliah dengan total 12 SKS
Capaian Pembelajaran & Profil Lulusan
CPL Program Studi Administrasi Pembangunan Negara Politeknik STIA LAN Jakarta adalah sebagai berikut:
1. | Aspek Sikap | Acuan | |
a. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; | SN-Dikti dan IAPA | |
b. | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; | SN-Dikti dan IAPA | |
c. | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | SN-Dikti dan IAPA | |
d. | Berperan sebagai warganegara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; | SN-Dikti dan IAPA | |
e. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; | SN-Dikti dan IAPA | |
f. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; | SN-Dikti dan IAPA | |
g. | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; | SN-Dikti dan IAPA | |
h. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; | SN-Dikti dan IAPA | |
I. | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; | SN-Dikti dan IAPA | |
j. | Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan | SN-Dikti, KKNI Level 6, IAPA | |
k. | Menginternalisasi sikap profesionalitas dan integritas. | IAPA | |
2. | Aspek Pengetahuan | Acuan | |
a. | Menguasai konsep teoritis administrasi, pembangunan, organisasi, birokrasi, kebijakan publik, pelayanan publik, perilaku organisasi, keuangan negara, reformasi administrasi, governansi publik, kearsipan dan manajemen asset; | KKNI Level 6 dan IAPA | |
b. | Menguasai konsep teoritis secara umum ilmu politik dan teori sosial; | IAPA | |
c. | Menguasai prinsip-prinsip dan kaidah ekonomi makro, hukum administrasi negara, manjemen risiko, dan etika administrasi publik; | IAPA | |
d. | Menguasai metode penelitian kualitatif dan kuantitatif, minimal metode survei, penelitian lapangan, studi kasus, studi dokumen, dan penelitian kebijakan, administrasi pembangunan, kearsipan serta manajemen asset; dan | IAPA | |
e. | Menguasai prinsip-prinsip dan teknik komunikasi persuasif, baik lisan maupun tulisan. | IAPA | |
3. | Aspek Keterampilan Umum | ||
a. | Menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; | IAPA | |
style=”vertical-align:top”b. | Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur; | SN-Dikti dan IAPA | |
c. | Mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah untuk menghasilkan solusi atau gagasan; | IAPA | |
d. | Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi; | SN-Dikti dan IAPA | |
e. | Mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis terhadap informasi dan data; | SN-Dikti, KKNI Level 6, dan IAPA | |
f. | Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya; | SN-Dikti dan IAPA | |
g. | Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya; | SN-Dikti dan IAPA | |
h. | Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan | SN-Dikti dan IAPA | |
i. | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. | SN-Dikti dan IAPA | |
4. | Aspek Keterampilan Khusus | ||
Domain Administrasi Pembangunan | |||
a. | Mampu mengumpulkan data perencanaan pembangunan | SKKNI | |
b. | Mampu menganalisis data pembangunan | SKKNI | |
c. | Mampu menganalisis potensi dan permasalahan pembangunan | SKKNI | |
d. | Mampu merumuskan rencana kegiatan pembangunan | SKKNI | |
e. | Mampu menyusun rencana anggaran | SKKNI | |
f. | Mampu menyusun laporan perkembangan pelaksanaan kegiatan | SKKNI | |
Domain Kearsipan | |||
a. | Mampu memanfaatkan arsip sebagai sumber informasi kesejarahan dan kearkeologian | SKKNI | |
b. | Mampu menyusun instrumen kearsipan | SKKNI | |
Mampu melakukan penciptaan arsip | SKKNI | ||
c. | Mampu mengelola arsip aktif | SKKNI | |
d. | Mampu melakukan program arsip vital | SKKNI | |
e. | Mampu mengelola arsip inaktif | SKKNI | |
f. | Mampu mengelola arsip elektronik | SKKNI | |
g. | Mampu menyelenggarakan program kearsipan statis | SKKNI | |
h. | Mampu melakukan pengawasan kearsipan | SKKNI | |
Domain Kebijakan Publik | |||
a. | Mampu menyusun desain kajian dan analisis kebijakan | SKKNI | |
b. | Mampu membuat instrumen kajian dan analisis kebijakan | SKKNI | |
c. | Mampu melakukan pengumpulan data dan informasi untuk kajian dan analisis kebijakan | SKKNI | |
d. | Mampu menyusun laporan kajian dan analisis kebijakan | SKKNI | |
e. | Mampu menyusun rekomendasi kebijakan | SKKNI | |
f. | Mampu menyusun bahan publikasi rekomendasi kebijakan | SKKNI | |
g. | Mampu menganalisis interaksi antar aktor dalam governansi publik seperti dalam penyusunan kebijakan, manajemen pelayanan publik, baik di tingkat lokal maupun nasional, dalam aspek sosial, ekonomi, budaya, politik, dan hankam dengan pendekatan ekonomi politik; | IAPA | |
h. | Mampu mengindentifikasi kepentingan publik dalam siklus kebijakan publik, baik di tingkat lokal maupun nasional; | IAPA | |
i. | Mampu menganalisis dan mengevaluasi kebijakan publik dengan menggunakan prinsip-prinsip, metode kuantitatif (a.l. cost benefit analysis, analytical hierarchy process) dan metode kualitatif (a.l. participatory impact analysis, studi kasus) dalam seluruh siklus kebijakan (formulasi, implementasi, dan evaluasi); | IAPA | |
j. | Mampu mengkaji regulasi yang relevan dan hasil analisis kebijakan yang berupa catatan kebijakan (policy memo), uraian kebijakan (policy brief), atau kertas kerja kebijakan (policy paper) untuk menghasilkan draf kebijakan; | IAPA | |
k. | Mampu melakukan sosialisasi produk kebijakan dan menghimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam melaksanakan kebijakan publik minimal dengan menggunakan media sosial; | IAPA | |
l. | Mampu mengorganisasikan (merencanakan, menyusun anggaran, mengalokasikan sumber daya, melaksanakan, dan evaluasi) kegiatan dalam rangka implementasi kebijakan publik dan peningkatan kinerja pelayanan publik; | IAPA | |
m. | Mampu menganalisis risiko dan melaksanakan program mitigasi risiko terhadap implementasi kebijakan; | IAPA | |
n. | Mampu mengusulkan ide/gagasan reformasi kebijakan dan manajemen pelayanan publik; | IAPA | |
Domain Manajemen Aset | |||
a. | Mampu menyusun rencana pengadaan aset | ||
b. | Mampu melaksanakan pengadaan asset | ||
c. | Mampu mengendalikan pengadaan asset | ||
d. | Mampu mengelola data dan informasi untuk pengambilan keputusan pada setiap fungsi dalam manajemen aset | ||
e. | Mampu mendata, mencatat dan mealaporkan hasil inventasrisasi set |