Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Wisuda ke-60

Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Wisuda ke-60 untuk program Sarjana Terapan Angkatan V, Magister Terapan Angkatan VI dan Doktor Terapan Angkatan II, di Graha Makarti Bhakti Nagari LAN RI, Sabtu 2 Desember 2023. Tema wisuda yang diusung tahun ini adalah “NETRALITAS BIROKRASI DALAM MEWUJUDKAN BIROKRASI KELAS DUNIA MENUJU INDONESIA EMAS 2045.”

Kegiatan wisuda ini diikuti sebanyak 198 orang wisudawan, yang berasal dari Program Sarjana Terapan, Magister Terapan, dan Doktor Terapan. Dengan wisuda ini, total alumni Politeknik STIA LAN Jakarta menjadi 23.567, tersebar di seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA., Tema tersebut sangat sesuai dengan momentum kita saat ini untuk menyambut pemilihan umum serentak tahun 2024. ASN sangat rawan menjadi alat politik untuk memobilisasi suara dalam pemilihan umum. Menurut Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU), pelanggaran netralitas ASN merupakan salah satu dari empat isu kerawanan pemilihan umum yang banyak ditemukan di tingkat provinsi. Terdapat 22 provinsi yang memiliki potensi kerawanan pelanggaran netralitas ASN, terutama di Maluku Utara dengan perolehan skor 100 dari skala 0-100.

Pada wisuda kali ini, IPK tertinggi yang diraih oleh wisudawan sarjana terapan adalah Rinawaty,S.Tr.Ap dengan IPK 3,98, Intan Remanicka, S.Tr.Ap dengan IPK 3,98 dan Nita Agustin, S.Tr.Ap dengan IPK 3,97. Wisudawan dengan IPK tertinggi program Magister Terapan diraih oleh Muammar Yuliana, M.Tr.Ap dengan IPK 4,00,dan juga oleh Pradina Kurnia Sari Hidayah, M.Tr.Ap dengan IPK 4,00, sedangkan untuk program Doktor Terapan diraih oleh Dr.Tr. Nuralia dengan IPK 3,92. Selain itu terdapat 13 mahasiswa Magister Terapan yang lulus 3 Semester dengan strategi pembimbingan terstruktur dan sempro terjadwal.

Dalam sambutannya, Kepala Lembaga Administrasi Negara Prof. Dr. Adi Suryanto, S.Sos., M.Si., CHRM, Aparatur Sipil Negara sebagai agen pelayan publik harus netral dalam pesta demokrasi Pemilu Nasional 2024. Netral di sini berarti tidak menunjukkan keberpihakan maupun mengikuti kegiatan kampanye peserta pemilu, terutama mengajak, menyuruh, apalagi memaksa kolega atau bahkan masyarakat untuk memilih calon tertentu. Pada tanggal 22 September 2022 telah terbit Surat Keputusan Bersama antara Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Menteri Dalam Negeri, Kepala Badan Kepegawaian Negara, Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara, dan Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Pemilihan. Sebagai ASN, saudara-saudari dituntut untuk netral dan profesional dalam mengemban jabatan yang telah diamanahkan oleh negara, sebagaimana sumpah jabatan yang telah saudara-saudari ucapkan.

Tahun ini jumlah wisudawan dan wisudawati Politeknik STIA LAN Jakarta adalah 198 orang terdiri dari 100 orang Sarjana Terapan, 93 Magister Terapan, dan 5 Doktor Terapan. Mayoritas wisudawan adalah ASN khususnya PNS dari kelas pegawai, namun telah berhasil juga diloloskan 4 wisudawan Perdana dari kelas Sarjana terapan reguler yang berhasil menempuh Pendidikan Sarjana Dalam 7 semester.

Kegiatan wisuda juga diselingi dengan hiburan dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Gempita Swara Bhinekakarya yang menyanyikan lagu2 daerah, kebangsaan hingga lagu popular. juga persembahan dari UKM Tari yang mempersembahkan tarian dari daerah Melayu Yaitu “Tari Rebana”. Di akhir acara, Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta didampingi perwakilan wisudawan atas nama Dodi Eko Suwito, S.Tr.AB., UKM Padus dan seluruh wisudawan turut bergembira menyanyikan lagu “Rungkad” bersama-sama.

Kegiatan wisuda tahun 2023 ini secara umum berlangsung hikmat, lancar, gembira dan sakral.

Share this: