ORGANISASI PUBLIK DAN TRASFORMASI DIGITAL GOVERNANCE

Perkuliahan untuk mata kuliah Digital Governance dengan dosen ampu bapak Alih Aji Nugroho menghadirkan dosen tamu untuk pertemuan khusus dengan tema “Transformasi Digital Governance di Organisasi Sektor Publik” di Ruang AC-AD Politeknik STIA LAN Jakarta, Selasa, 6 Juni 2023.

Praktisi yang didatangkan adalah Bapak Hatta Perdana, Assistant Vice President Digital Telco Regulation dari PT. Telkom Indonesia. PT Telkom bekerjasama dengan Instansi Pemerintah lain telah melakukan upaya peningkatan transformasi digital di Indonesia. Kerjasama dilakukan dalam bentuk dengan pengamanan data, pembangunanan aplikasi, hingga pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

Dalam paparannya, Bapak Hata menjelaskan bahwa Untuk menghasilkan kebijakan publik yang adaptif terhadap perubahan sehingga membangunpemerintahan yang dinamis, diperlukan tiga kapabilitas dari pemerintah, yaitu: 1) berpikir ke depan; 2)berpikir lagi; 3) berpikir lintas.

Artinya, kebijakan harus berpikir ke depan, dimana pemerintah harus memahami masa depan yang akan
mempengaruhi negara dan menempatkannya dalam kebijakan sehingga masyarakat dapat
memanfaatkan peluang baru yang diciptakan.

Kemudian, aspek Terkait digital governance berkaitan dengan beberapa aspek, pertama terkait dengan tata kelola pada aspek dimensi Transformations, yang dimanamemiliki fokus dalam tata kelola model perisiapan awal dalam mendukung penyelenggaraan digital governance. Kemudian dalam tindaklanjut transformation merupakan tantangan dalam menyediakan Sumber Daya Manusia yang dapat melakukan berbagi tugas boudires, dalam aspek organisasi.

Diharapkan dari kuliah tamu ini mahasiswa dapat lebih memahami digital governance dan bagaimana realisasinya.

Share this: