Kerja Sama Strategis INPA Timor Leste-Politeknik STIA LAN Jakarta

Politeknik STIA LAN Jakarta senantiasa berkomitmen dan berupaya untuk senantiasa menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak, baik nasional maupun internasional dalam rangka memperkuat fungsi tridharma perguruan tinggi dan peningkatan kualitas mutu kelembagaan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan kolaborasi dengan Timor Leste.

Kolaborasi tersebut diresmikan melalui penandatangan Nota Kesepahaman/Memory of Understanding(MoU) dengan Institute National Of Public Administration (INPA) of The Republic Democratic Of Timor Leste. Penandatanganan MoU dilaksanakan oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A., dengan Director General of INPA Timor Leste, Agostinho Letencio de Deus.

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini turut disaksikan oleh Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Dr. Muhammad Taufiq, DEA. dan delegasi INPA Timor Leste serta manajemen Politeknik STIA LAN Jakarta di ruang Prajudi Kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, Jumat (16/9).

Nurliah Nurdin beserta jajaran manajemen menyambut baik dan mengapresisasi komitmen kerja sama INPA kepada Politeknik STIA LAN Jakarta. MoU ini bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi di bidang akademik dan pengabdian masyarakat dan penelitian. Kedua belah pihak sepakat untuk melaksanakan program dan kegiatan yaitu (1) Program beasiswa bagi Pegawai Negeri Sipil dari Timor Leste; (2) Pertukaran pengajar (dosen), dalam rangka meningkatkan hubungan akademik antara universitas di Timor Leste dengan Politeknik STIA LAN Jakarta; (3) Penelitian bersama dalam rangka peningkatan jumlah dan kualitas publikasi internasional perguruan tinggi di Timor Leste dan Politeknik STIA LAN Jakarta; dan (4) Peningkatan kapasitas akademik dan kepemimpinan bagi Pegawai Negeri Sipil dari Timor Leste.

Nota Kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu 5 (lima) tahun, dimulai sejak tanggal penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut, yaitu 16 September 2022, dengan waktu dimulainya pelaksanaan kerja sama tahun akademik 2023/2024.

Deputi Bidang Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara di Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), Dr. Muhammad Taufiq, DEA mengatakan bahwa kerjasama antara INPA dan Politeknik STIA LAN Jakarta adalah hal yang sangat tepat mengingat Politeknik STIA LAN Jakarta sekarang ini merupakan perguruan tinggi vokasi, yang mendidik para mahasiswanya menjadi tenaga ahli di bidangnya. Perguruan tinggi Politeknik STIA LAN Jakarta dapat bekerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi di Timor Leste, khususnya dalam bidang Administrasi Pembangunan Negara, Administrasi Bisnis Sektor Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur.

Semoga dengan kerja sama ini, Politeknik STIA LAN Jakarta semakin meneguhkan komitmennya untuk mencapai visinya, yaitu sebagai perguruan tinggi ilmu administrasi terapan unggulan di Indonesia.

Share this: