Donor Darah di Lingkungan Politeknik STIA LAN Jakarta: Setetes Darah Selamatkan Jiwa

“Kegiatan donor darah merupakan bukti kepedulian terhadap sesama, satu kantong darah 350 ml dapat menyelamatkan 3 jiwa. Ini adalah kesempatan berbuat baik, sebagai ibadah dan kita bergerak untuk tugas kemanusiaan.” Demikian disampaikan Profesor Dr. Nurliah Nurdin, MA, seusai menyumbangkan 1 kantong darahnya pada acara Donor Darah di kampus Politeknik STIA LAN Jakarta, Jumat 08/04/2022 di Ruang Serbaguna Lantai 1 Gedung Politeknik STIA LAN Jakarta.

Kegiatan donor darah ini merupakan bentuk sosial dan amal yang diadakan dengan berkerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi DKI Jakarta. Selama masa pandemi, pihak PMI mengalami masalah berkurangnya stok cadangan darah karena partisipasi masyarakat yang menurun akibat pembatasan pergerakan, sementara permintaan terus bertambah.

Dilatarbelakangi hal tersebut, Politeknik STIA LAN Jakarta tergerak untuk menyelenggarakan kegiatan Donor Darah dengan total jumlah pendonor sebanyak 68 orang yang diikuti oleh segenap pegawai dan mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta, juga beberapa tamu mahasiswa dari IPDN.

Pengumpulan donor darah dilakukan selama 3 jam sejak pukul 08.30, dengan mendatangkan 8 anggota PMI yang dikoordinir oleh ibu Ninit Dewi Rahayu sebagai ketua tim medis PMI.

Kegiatan donor darah secara umum dpt terselenggara dengan lancar meskipun dilakukan di bulan puasa. Dengan memastikan terlebih dahulu kesiapan dan kesehatan dari para donor. Persiapan dilakukan dengan mendata status kesehatan calon donor, kemudian dilakukan tes golongan darah dan nilai Hemoglobin, serta tekanan darah. Kemudian para calon donor yang memenuhi kualifikasi diambil darahnya sebanyak 350 mili atau 1 kantong.

Di akhir kegiatan donor darah, telah terkumpul sebanyak 50 kantong darah.

Semoga tiap tetes darah yang didonorkan dapat membantu menyelamatkan masyarakat yang membutuhkan dan semoga kegiatan ini mendapat nilai ibadah.

Share this: