Book Battle Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar

Dalam rangka meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi mahasiswa, Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan “Book Battle”. Dihadiri oleh mahasiswa Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar, dibuka oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA.
Dilaksanakan pada hari Jum’at (21/10) di Politeknik STIA LAN Jakarta dan diikuti pula oleh dewan juri dan peserta lomba dari Politeknik STIA LAN Bandung dan Makassar, secara luring dan daring Via Zoom Meeting.

Dalam kegiatan Book Battle ini, buku yang ditelaah adalah buku berjudul “Inovasi di sektor Publik” yang ditulis oleh Yogi Suwarno, M.A., Ph.D., Kepala Pusat Pembinaan Analis Kebijakan Lembaga Administrasi Negara (LAN RI) yang juga merupakan dosen Politeknik STIA LAN Jakarta.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta Prof. Nurliah Nurdin, MA., mengatakan bahwa tanggung jawab salah satu penyelenggara pendidikan tinggi adalah dalam rangka memfasilitasi dan menumbuhsuburkan budaya berliterasi di lingkungan kampus, melalui mimbar akademik dengan kemasan yg kreatif dan inovatif. Kegiatan book battle ini juga diharapkan dapat menjadi spirit bersama untuk membuka ruang inovasi yang mampu menghadirkan kebermanfaatan seluas-luasnya bagi sivitas akademika maupun masyarakat.

Kegiatan lomba book battle ini dilaksanakan dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan yang diperingati setiap tanggal 14 September, sekaligus mengawali rangkaian kegiatan Dies Natalis Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar tahun 2022.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kegiatan mimbar akademik yang dikemas dalam bentuk perlombaan Book Battle, yaitu kompetisi mereview buku secara lisan. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong mahasiswa serta seluruh sivitas akademika agar mampu berfikir kritis serta dapat memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif terhadap suatu karya akademik. Perlombaan book battle ini juga diharapkan dapat menjadi perekat semangat persatuan dan kebersamaan antar sivitas akademika Politeknik STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar.

Kepala Unit Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta, Saifurohman, S.Sos, menyampaikan bahwa lomba book battle ini dilaksanakan dalam 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Jumlah partisipan dalam babak penyisihan adalah sebanyak 15 Tim, yang telah mengirimkan naskah reviewnya. Berdasarkan hasil rekapitulasi penyisihan awal dari para juri, maka didapatkan 3 Tim yang berhasil lolos maju ke babak final, dan masing-masing adalah wakil/duta dari Poltek STIA LAN Jakarta, Bandung dan Makassar.

Pada kegiatan Book Battle ini, penulis buku “Inovasi di Sektor Publik”, Yogi Suwarno, M.A., Ph.D. juga hadir sekaligus bertindak sebagai salah satu Juri. Adapun juri lainnya pada Kegiatan Book Battle adalah Dr. H. Asropi, S.I.P., M.Si. (Kaprodi APN Program Magister Terapan Politeknik STIA LAN Jakarta), Dr. Abdul Rahman, S.K.M., M.Si. (Kaprodi ABSP Program Sarjana Terapan Politeknik STIA LAN Bandung) dan Dr. Deasy Mauliana, S.H., M.H. (Kaprodi APN Program Magister Terapan Politeknik STIA LAN Makassar).

Kegiatan Book Battle ini dimoderatori oleh Budi Fernando Tumanggor, SS., MBA dan Nurmita Sari, SE., MM., Dosen Politeknik STIA LAN Jakarta. Setelah masing-masing tim menyampaikan presentasi review bukunya dan menjawab pertanyaan dewan juri, pemenang langsung diumumkan, yaitu juara 1 berasal dari tim dari Politeknik STIA LAN Bandung , juara 2 berasal dari tim Politeknik STIA LAN Makassar, dan juara 3 tim dari Politeknik STIA LAN Jakarta. Masing-masing pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Share this: