BIMBINGAN TEKNIS “Responsible Writing” Artificial Intelligence dalam Penulisan Akademik Bidang Ilmu Sosial

Jakarta, 13 Juni 2024 – Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) bertajuk “Responsible Writing” yang berfokus pada penggunaan Artificial Intelligence dalam penulisan akademik bidang ilmu sosial. Acara ini berlangsung pada hari Kamis, 13 Juni 2024 dan menghadirkan Arif Perdana, Ph.D, seorang Associate Professor dari Monash University Indonesia, sebagai narasumber.

Bimbingan Teknis ini dibuka oleh Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya etika dalam penggunaan teknologi AI untuk mendukung kualitas penulisan akademik. “Teknologi harus menjadi alat yang membantu, bukan yang menggantikan atau merusak integritas akademik,” ujar Prof. Nurliah.

Arif Perdana, Ph.D, dalam presentasinya, menguraikan berbagai aspek penting terkait AI dan penulisan akademik. Beliau menjelaskan bagaimana teknologi AI dapat digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi dalam penelitian dan penulisan, sambil tetap menjaga orisinalitas tulisan tersebut. “Penggunaan AI dalam penulisan harus diimbangi dengan pemahaman dasar yang kuat.” ungkap Arif Perdana.

Acara ini dihadiri oleh sejumlah dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik dari Politeknik STIA LAN Jakarta. Partisipasi aktif dari para peserta terlihat dari sesi tanya jawab yang interaktif, dimana mereka mengajukan berbagai pertanyaan seputar implementasi AI dalam penulisan akademik dan berbagi pengalaman mereka terkait tantangan yang dihadapi dalam penulisan ilmiah di era digital.

Selain itu, para peserta juga diajak untuk melakukan praktik langsung dalam menggunakan beberapa alat AI yang relevan untuk penulisan akademik, dengan bimbingan langsung dari Arif Perdana, Ph.D. Sesi ini dirancang untuk memberikan pemahaman praktis tentang bagaimana teknologi ini dapat diterapkan dalam pekerjaan sehari-hari mereka sebagai akademisi.

Dengan berakhirnya bimbingan teknis ini, diharapkan para peserta dapat menerapkan pengetahuan yang telah didapatkan untuk menghasilkan karya akademik yang lebih berkualitas dan inovatif.

#bimtek

Share this:

WISUDA 2024
Sabtu, 03 Agustus 2024
Segera daftarkan diri anda,
batas pendaftaran
Kamis, 27 Juni 2024
kuota terbatas !
Cek Kuota

This will close in 10 seconds

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/