Inovasi Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Nurliah Nurdin dalam Menjamin Integrasi Data yang Handal

Dalam kegiatan operasional sebuah instansi, seringkali terjadi kesimpangsiuran data hingga tumpang tindih data. Hal ini dapat muncul dikarenakan masing-masing unit memiliki data yang tidak disampaikan kepada unit lainnya. Dengan demikian, data merupakan sebuah aset dan inventaris vital, yang menjadi dasar utama untuk pengambilan keputusan manajemen.

Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, berusaha untuk merespons permasalahan yang dengan data tersebut dengan menggagas sebuah Sistem Portal Satu Data atau yang disebut dengan Sista sebagai proyek perubahan (proper) beliau. Proper ini dilaksanakan dalam bingkai kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II Lembaga Administrasi Negara. Sista memungkinkan seluruh data yang ada di Politeknik STIA LAN Jakarta disimpan secara bersama-sama di dalam sebuah portal, dengan standar yang telah ditentukan sebelumnya.

Setiap pegawai dan dosen diwajibkan untuk meng-update data kepegawaiannya masing-masing, begitu pula Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan juga harus melaporkan data penting terkait akademik seperti jumlah mahasiswa aktif, data dosen tetap, dan dosen tidak tetap yang mengajar berikut nama mata kuliahnya per semester. Saat ini, sistem ini sudah mulai digunakan Politeknik STIA LAN Jakarta untuk melakukan update data kepegawaian dan input data akreditasi dari sisi keuangan, akademik, kepegawaian dan kerjasama.

Dalam paparannya pada ujian proyek perubahan (proper) PKN Tingkat II LAN RI, Nurliah mengatakan bahwa SISTA dibuat untuk kemudahan lalu-lintas data. “Dengan adanya SISTA, dapat diminimalisir perbedaan data maupun tumpang tindih data antara satu untuk dengan unit lainnya”.

Kepala LAN RI Dr. Adi Suryanto menyambut baik keberadaan SISTA ini. Adi berharap bahwa SISTA dapat membuat pekerjaan inventarisasi data menjadi lebih mudah, lebih terkoordinasi dan terintegrasi. Hal serupa juga disampaikan oleh Sestama LAN RI Reni Suzanna, M.Si. sekaligus sebagai mentor dari Prof. Dr. Nurliah Nurdin yang mengatakan bahwa SISTA dapat menjadi jembatan atas data-data yang selama ini berbeda antara Politeknik STIA LAN Jakarta dengan LAN RI.

Share this:
https://esdm.riau.go.id/web/logs1/