Jakarta, 17 Desember 2024 – Politeknik STIA LAN Jakarta berfokus pada pengembangan keahlian di bidang administrasi publik dan manajemen, dengan pendekatan praktis dan terapan. Institusi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, inovatif, dan berdaya saing global, melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi: yaitu melalui penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, yang didukung oleh teknologi dan kolaborasi strategis. Oleh karena itu peran perpustakaan sangat penting sebagai salah satu penunjang utama dalam mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Hal ini disampaikan oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Edy Sutrisno, M.Si pada acara Asesmen Lapangan Akreditasi Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta pada 17 Desember 2024 bertempat di Ruang AC-AD Lantai 4 Jakarta.
“Komitmen Politeknik STIA LAN Jakarta untuk mendukung secara penuh terhadap pengembangan perpustakaan yang unggul. Harapannya agar visitasi ini dapat memberikan penilaian serta masukan konstruktif untuk peningkatan mutu layanan perpustakaan yang lebih baik,” ujarnya.
Selanjutnya Edy menyampaikan penghargaan kepada tim perpustakaan atas kerja keras mereka dalam mempersiapkan akreditasi dan mengatakan bahwa proses ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menjadi lebih baik.
Sementara itu Direktur Standardisasi dan Akreditasi, Dra. Made Ayu Wirayati, M.I.Kom. mengatakan bahwa tujuan akreditasi adalah untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan yang bersangkutan.
“Akreditasi perpustakaan adalah langkah penting dalam menjaga kualitas dan relevansi perpustakaan sebagai lembaga pelayanan informasi,” kata Made.
Ditambahkan Made, dengan dilakukannya akreditasi pada perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta ini menjadi satu langkah yang sangat baik dalam membangun budaya literasi di lingkungan kampus, Dengan demikian dapat dikatakan bahwa akreditasi perpustakaan adalah langkah penting untuk meningkatkan kualitas dan relevansi perpustakaan di Indonesia.
“Terdapat 4 hal yang harus dipahami dalam Upaya menciptakan Perpustakaan Perguruan Tinggi yang berkualitas: 1. Penguatan Kelembagaan (Pusat Perpustakaan) 2. Regulasi Lembaga induk terkait Pendirian, Kebijakan 3. Peningkatan kontribusi perpustakaan dalam akreditasi Lembaga 4. Pengakuan profesi pustakawan oleh Lembaga induk,” ujarnya.
Senada dengan itu, Kepala Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta, Saifurrokhman, S.Sos, dalam presentasinya memaparkan layanan yang diberikan kepada pemustaka antara lain Layanan Sirkulasi (Peminjaman dan pengembalian buku), Layanan Referensi (Koleksi referensi, bimbingan riset dan penelusuran), Layanan Bimbingan Pemustaka (Orientasi perpustakaan kepada mahasiswa). Layanan Digital (Akses bebas untuk koleksi ebook dan ejournal yang di beli dan dilanggan), dan Layanan Ekstensi (Tersedianya layanan pojok baca di lokasi strategis kampus). Disamping itu Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta memiliki Koleksi seperti Buku, E Resources (ProQuest, ebrary, IGLibrary, emeraldinsight), ADITYA (Koleksi Ebook), dan Repository (Koleksi Literatur Kelabu).
Dengan adanya kegiatan visitasi akreditasi ini Perpustakaan Politeknik STIA LAN Jakarta diharapkan dapat memperoleh nilai terbaik yang pada gilrannya akan meningkatkan jumlah kunjungan pemustaka, khususnya civitas akademika Politeknik STIA LAN Jakarta.