RPL Magister Terapan

RPL Magister Terapan Kerjasama/ Reguler

  1. ASN/Pegawai BUMN/BUMD
  2. Perangkat Desa/ Penggerak Desa
  3. Pendamping/ Fasilitator
  4. Pengelola BUMDes/Koperasi Desa/ Perusahaan/ NGO
  5. Pegawai Kecamatan/PEMDA/Kementrian
  6. Pegawai Perusahaan Swasta/BUMN/Praktisi Bisnis
  7. Dosen/Peneliti/Praktisi

Kurikulum

Mata Kuliah Wajib Non Rekognisi:

No.Nama Mata KuliahSKS
1.Kapasitas dan Inovasi Collaborative Governance3Mata Kuliah Wajib Program Studi
2.Metodologi Penelitian Administrasi Terapan3Mata Kuliah Wajib Program Studi
3.Quantitative Method for Human Resourches3Mata Kuliah Wajib Konsentrasi MSDMA
4.Pengukuran dan Pengawasan Kinerja Keuangan Negara3Mata Kuliah Wajib Konsentrasi MKN
5.Legal Drafting3Mata Kuliah Wajib Konsentrasi MKP
6.Akuntabilitas Pembangunan Daerah3Mata Kuliah Wajib Konsentrasi MPD
7Tesis9Mata Kuliah Wajib Program Studi

Mata Kuliah Potensi RPL (Rekognisi):

No.Nama Mata KuliahSKSKeterangan
1.Teori Administrasi Publik dan Aplikasi3Mata Kuliah Program Studi
2.Kebijakan Publik3Mata Kuliah Program Studi
3.Talent and Career Development3Mata Kuliah Konsentrasi MSDMA
4.Strategy Staffing and Outcourcing3Mata Kuliah Konsentrasi MSDMA
5.Manajemen Kompensasi3Mata Kuliah Konsentrasi MSDMA
6.Etika dan Hukum Kepegawaian3Mata Kuliah Konsentrasi MSDMA
7.Manajemen Kinerja3Mata Kuliah Konsentrasi MKN
8.Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Negara3Mata Kuliah Konsentrasi MKN
9.Pelaksanaan Anggaran dan Akuntansi Pemerintah3Mata Kuliah Konsentrasi MKN
10.Sistem Informasi Keuangan Negara dan BMN3Mata Kuliah Konsentrasi MKN
11.Manajemen Aset3Mata Kuliah Konsentrasi MKN
12.Pengadaan Barang dan Jasa3Mata Kuliah Konsentrasi MKP
13.Implementasi Kebijakan3Mata Kuliah Konsentrasi MKP
14.Metode Formulasi Kebijakan3Mata Kuliah Konsentrasi MKP
15.Monitoring dan Evaluasi Kebijakan3Mata Kuliah Konsentrasi MKP
16.Dokumentasi dan Saran Kebijakan3Mata Kuliah Konsentrasi MKP
17.Advokasi Kebijakan3Mata Kuliah Konsentrasi MPD
18.Perencanaan dan Penganggaran Program Pembangunan3Mata Kuliah Konsentrasi MPD
19.Monitoring dan Evaluasi Program Pembangunan3Mata Kuliah Konsentrasi MPD
20.Sustainable Development Goals (SDGs)3Mata Kuliah Konsentrasi MPD
21.Ekonomi Regional3Mata Kuliah Konsentrasi MPD
22.Otonomi dan Pembangunan Daerah3Mata Kuliah Konsentrasi MPD
23.Kapita Selekta3Mata Kuliah Program Studi

VISI & MISI

Visi:
Program Studi Magister Terapan Administrasi Pembangunan Negara yang menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing

Misi:

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran terapan yang mampu mengembangkan desain dan praktik Administrasi Pembangunan Negara guna meningkatkan daya saing di tingkat nasional, regional dan internasional.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan penelitian terapan Administrasi Pembangunan Negara yang berkontribusi terhadap proses kebijakan publik dan pembangunan negara.
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang Administrasi Pembangunan Negara guna peningkatan kapasitas, pemberdayaan dan penciptaan nilai tambah.
  4. Mengembangkan keilmuan dan studi terapan dengan menghasilkan karya ilmiah di bidang Administrasi Pembangunan Negara.
  5. Meningkatkan kerjasama di tingkat nasional dan internasional untuk memperkuat program studi Administrasi Pembangunan Negara.

Keunggulan

  • Multidisiplin Ilmu
  • Dapat ditempuh dalam 3 semester (termasuk tesis)

Profil Lulusan

  1. Analis Kebijakan, Administrator, Manajer Publik;
  2. Peneliti, Dosen, Praktisi;
  3. Manager SDM/ Keuangan Publik/Negara;
  4. Konsultan Kebijakan Publik/Pembangunan Daerah/Keuangan/Management SDM
  5. Tenaga Ahli Bidang Ekonomi/Sosial/Politik/ Administrasi bidang Pembangunan Daerah/ Keuangan Negara/ Sumber Daya Manusia

Metode Perkuliahan

  • Hybrid Learning
  • Field Study
  • Seminar
  • Guest Lecturer
  • Project Based Learning
  • Case Based Learning

Beban Studi

Mata Kuliah Wajib9 SKS
Mata Kuliah Rekognisi (Potensi RPL)24 SKS
Tesis               9 SKS
Jumlah42 SKS

Persyaratan

Umum:

  1. Ijazah D4/S1 beserta Transkrip Nilai
  2. Daftar RIwayat Pekerjaan dengan rincian tugas yang dilakukan
  3. Surat Keputusan, Surat Keterangan, Surat Tugas dan atau bukti lain yang terkait dengan tugas dan pekerjaan yang dilakukan
  4. Surat Keterangan Pernah Kuliah pada jenjang S2
  5. Sertifikat Kompetensi
  6. Sertifikat/bukti Pelatihan kerja
  7. Keanggotaan Asosiasi profesi yang relevan
  8. Surat Keterangan pengakuan kompetensi dari pihak ketiga
  9. Transkrip Nilai jenjang S2 (bagi yang pernah menempuh/ tidak selesai)
  10. Dokumen lain yang mendukung

Khusus :

NoKonsentrasiPersyaratan Khusus
1Magister Kebijakan PublikMemiliki pengalaman kerja di bidang Pemerintahan dan Administrasi Publik selama 4 tahun/ atau memiliki sertifikat kompetensi Analis Kebijakan Lv. 6 (minimal 2 tahun)
2Magister Pembangunan DaerahMemiliki pengalaman kerja pada bidang Keuangan dan BMN paling singkat 4 (empat) tahun.
3Magister Keuangan NegaraMemiliki pengalaman kerja pada bidang Perencanaan Daerah atau yang relevan dengan Program Studi yang dituju paling singkat 4 (empat) tahun.
4Magister Manajemen SDMMemiliki pengalaman kerja pada bidang Manajemen SDM  atau yang relevan dengan Program Studi yang dituju paling singkat 4 (empat) tahun.

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/