Administrasi Pembangunan Negara

Prodi Doktor Terapan Politeknik STIA LAN Jakarta memiliki peran yang sangat strategis dalam pengembangan SDM, karena: Pertama, format penyelenggaraan pendidikan Prodi Doktor Terapan STIA LAN dirancang agar menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang tinggi dalam bidangnya, memiliki keterampilan dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuannya, memiliki tanggung jawab dan etika profesi yang diterapkan. Kedua, sebagai konsekuensi dari legitimasi peran kenegaraan dalam menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan, maka Prodi Doktor Terapan STIA LAN selalu memperbaiki mutu penyelenggaraan pendidikannya guna menghasilkan lulusan yang memiliki kualitas tinggi.

Visi

Terwujudnya Program Pendidikan Doktor Terapan Bidang Administrasi Pembangunan Negara yang berkemampuan menghasilkan lulusan berintegritas dan memiliki kompetensi dalam penyelenggaraan pembangunan negara melalui pembelajaran “Experience-Based Knowledge pada Tahun 2019-2029”.

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan dan pengajaran yang mampu menghasilkan desain praktik sistem administrasi pembangunan negara yang memiliki nilai kebaruan guna meningkatkan kompetensi, kapasitas individu, dan organisasi pada level lokal, nasional, dan internasional;
  2. Melaksanakan penelitian terapan yang memiliki kontribusi terhadap pembaruan administrasi pembangunan negara pada sektor pemerintahan, swasta, dan masyarakat;
  3. Melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam bidang administrasi pembangunan negara untuk mengembangkan karya terapan yang berorientasi pada sektor pemerintahan, swasta, dan masyarakat;
  4. Mengembangkan karya ilmiah di bidang administrasi pembangunan negara yang dapat berkontribusi pada upaya perbaikan sektor pemerintahan, swasta, dan masyarakat;
  5. Meningkatkan kerjasama pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat bidang administrasi pembangunan negara di tingkat lokal, nasional dan internasional yang dibutuhkan pada sektor pemerintahan, swasta, dan masyarakat.

Mata Kuliah

Untuk menyelesaikan pendidikan Program Doktor Terapan, mahasiswa harus lulus semua mata kuliah dengan jumlah SKS adalah 43 SKS. Mata kuliah disajikan pada tabel berikut.

No Kode Nama Mata Kuliah SKS Prasyarat
1. DDID1001 Filsafat dan Paradigma Administrasi Pembangunan 3
2. DDID1002 Metodologi Penelitian Terapan Administrasi Pembangunan 3
3. DDID1003 Model dan Inovasi Pembangunan 3
4. DDID1004 Kebijakan Pembangunan 3
5. DDID1005 Implementasi dan Evaluasi Kebijakan Pembangunan 3
6. DDID1006 Kapasitas Inovasi dan Kolaboratif Governance 3
7. DUKP2002 Ujian Kualifikasi (Prelium) 3
8. DDST6002 Disertasi 22 Publikasi Nasional/Internasional
A Seminar Proposal (15%)
B Seminar Hasil (30%)
C Ujian Tertutup (Ujian Naskah Disertasi) (45%)
C Ujian Terbuka (Sidang Promosi Doktor) (10%)

Kurikulum

Untuk menyelesaikan pendidikan Program Doktor Terapan, mahasiswa diwajibkan mengikuti mata kuliah sekurang-kurangnya 43 (empat puluh tiga) SKS bagi mahasiswa yang berijazah magister (S2) atau magister terapan termasuk disertasi. Penyelesaian pendidikan tersebut dilakukan dalam kurun paling sedikit 6 (enam) semester atau tiga tahun akademik dan paling lama 14 (empat belas) semester atau tujuh tahun akademik. Rincian kelompok mata kuliah yang harus diambil mahasiswa dalam Program Doktor Terapan adalah sebagai berikut:

Jenis Mata Kuliah SKS
Mata Kuliah Wajib 12
Mata Kuliah Pendukung Disertasi 6
Ujian Kualifikasi (Prelium) 3
Seminar Proposal 22
Kemajuan Penelitian
Kemajuan Publikasi Nasional/Internasional
Seminar
Ujian Tertutup (Ujian Naskah Disertasi)
Ujian Terbuka (Sidang Promosi Doktor)
Disertasi
Jumlah 43

Capaian Pembelajaran & Profil Lulusan

Program Doktor Terapan bertujuan untuk menghasilkan Doktor yang memiliki kompentensi sebagai berikut:

A. Memiliki sikap dan nilai-nilai:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

B. Penguasaan Pengetahuan

  1. Menguasai dan mampu mendesain konsep teoritis, metode dan perangkat analisis fungsi administrasi pembangunan negara, mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, evaluasi, dan pengendalian pada berbagai tipe organisasi;
  2. Menguasai dan mampu mendesain konsep dan teknik manajerial rencana strategis administrasi pembangunan negara pada organisasi dan mengembangkannya dalam rencana operasional;
  3. Menguasai dan mampu mendesain konsep tentang metode penelitian administrasi pembangunan negara yang mencakup studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif;
  4. Menguasai minimal tiga metode penelitian (studi kasus, kesejarahan, survei, simulasi, dan eksperimen) pada lingkup kualitatif dan kuantitatif, secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif;
  5. Menguasai etika administrasi pembangunan negara dan nilai-nilai kemanusiaan (humanity values);
  6. Menguasai dan mampu mendesain pengetahuan tentang jenis dan regulasi administrasi pembangunan negara lokal, nasional, dan internasional.

C. Keterampilan Khusus

  1. Mampu merumuskan dan mendesain perencanaan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, dan pengendalian administrasi pembangunan negara serta evaluasi pada level operasional;
  2. Mampu mendesain fungsi-fungsi administrasi pembangunan negara pada level operasional sebagai realisasi gagasan administrasi pembangunan negara yang memanfaatkan sumber daya secara efektif dan efisien;
  3. Mampu mendesain administrasi pembangunan negara pada level operasional, serta merumuskan berbagai alternatif tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan, dengan menerapkan prinsip-prinsip administrasi pembangunan negara yang berakar pada kearifan lokal;
  4. Mampu mendesain penyusunan rencana strategis organisasi dan memutuskan rencana strategis menjadi rencana operasional administrasi pembangunan negara;
  5. Mampu mendesain keputusan administrasi pembangunan negara yang tepat di berbagai tipe organisasi pada tingkat operasional, berdasarkan analisis data dan informasi pada fungsi administrasi pembangunan negara;
  6. Mampu mendesain kajian empirik dan permodelan dengan menggunakan metode ilmiah pada berbagai fungsi administrasi pembangunan negara; Mampu berkomunikasi persuasif dalam membangun citra pembangunan negara.

D. Keterampilan Umum

  1. Mampu menemukan, menciptakan, dan memberikan kontribusi baru pada pengembangan, serta pengamalan ilmu pengetahun dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang administrasi pembangunan negara, dengan menghasilkan karya desain, prototype atau inovasi teknologi bernilai tambah atau dapat digunakan untuk penyelesaian masalah berdasarkan pemikiran logis, kritis, kreatif dan arif;
  2. Mampu menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian atas hasil karyanya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk disertasi, serta mempublikasikan tulisan tentang konsepsi ilmiah dan hasil kajian atas hasil karyanya pada jurnal ilmiah nasional (Jurnal Sinta 3) dan/atau bereputasi internasional dengan memperhatikan aspek legal yang terkait dengan hasil penelitiannya;
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan bagi masyarakat melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin dalam rangka menghasilkan penyelesaian masalah administrasi pembangunan negara yang relevan;
  4. Mampu mengembangkan strategi pengembangan ilmu dan inovasi di bidang administrasi pembangunan negara dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan dan inovasi di bidang administrasi pembangunan negara berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  7. Mampu mengelola data dan informasi hasil penelitian yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan vertikal dan horizontal di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerja sama dengan berbagai pihak di luar institusinya.

Profil Kompetensi dan Peluang Profesi Bagi Lulusan

A. Profil Kompetensi Lulusan

  1. Memahami dan memiliki sikap bertakwa kepada Tuhan YME, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila, berperilaku berdasarkan nilai, norma, dan etika ilmiah, serta bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  2. Mampu menyusun rancangan dan melaksanakan kajian administrasi pembangunan negara yang bersifat memadukan analisis dari pendekatan sosial, ekonomi dan keberlanjutan lingkungan dalam upaya menghasilkan inovasi untuk membantu penyelesaian permasalahan strategis di bidang administrasi pembangunan negara;
  3. Mampu menyebarluaskan gagasan hasil penelitian dalam bentuk disertasi, publikasi ilmiah dalam jurnal bereputasi internasional serta mengaplikasikan dalam pengabdian kepada masyarakat.

B. Peluang Profesi Bagi Lulusan

Profesi lulusan yang dihasilkan pada program studi ini antara lain:

  1. Analis Kebijakan Utama;
  2. Inspektur Utama;
  3. Perencana Pembangunan Level Jabatan Pimpinan Tinggi;
  4. Konsultan Senior Administrasi Pembangunan;
  5. Ahli Peneliti Utama;

Predikat Kelulusan

Kriteria predikat yudisium yang diberikan setelah mahasiswa dinyatakan telah memenuhi persyaratan akademik dan administrasi sehingga dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan gelar Doktor Terapan adalah sebagai berikut:

Syarat Yudisium
IPK Masa Studi
3,81 – 4,00 Masa studi maksimum 3 tahun Cum laude
3,41 – 4,00 Masa studi normal Sangat Memuaskan
2,75 – 3,40 Masa studi normal Memuaskan

Dosen Program Studi Administrasi Pembangunan Negara

https://esdm.riau.go.id/web/logs1/