Profil
STIA LAN JAKARTA

Sejarah

Sampai saat ini STIA LAN telah 58 tahun menyelenggarkan pendidikan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS Pemerintah Pusat dan Daerah, Pegawai BUMN/D, TNI, Polri, termasuk PNS pada seluruh lembaga negara dalam Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia). Sejak awal didirikan pada 24 Desember 1960, STIA LAN diatur dengan Keputusan Menteri Pertama RI No. 578/MP/1960, dan pada tahun 1999 keberadaan STIA LAN lebih lanjut didasarkan pada Keppres Nomor 100/1999 tentang STIA LAN.

Cikal bakal STIA LAN berawal dari Perguruan Tinggi Kedinasan Ilmu Administrasi Negara (PTDIAN) yang dibentuk melalui Keputusan Menteri Pertama No 579/MP/1960 dengan tugas menyelenggarakan pendidikan program doktoral (sekarang disebut Strata 1 – S1), yang mahasiswanya berasal dari Pegawai Negeri dengan ijazah terakhir bakaloriat (Sarjana Muda atau sekarang disebut Ahli Madya/AMD) dan ijasah terakhir Sarjana. Kemudian untuk memenuhi kebutuhan pegawai berpendidikan Sarjana Muda bidang Administrasi, dengan keputusan Presidium Kabinet Kerja No. Aa/C/77/1964, tanggal 7 Juli 1964 didirikan Akademi Ilmu Administrasi (AIA) Kampus Jakarta, yang mana mahasiswanya juga berasal dari Pegawai Negeri dengan ijazah terakhir Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) atau sederajat.

Pada tahun 1967, dengan Keputusan Direktur LAN No. 31/Pend/UP/1967, PTDIAN dan AIA diintegrasikan menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA). Pengintegrasian tersebut dikukuhkan dengan Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1971.

Selanjutnya pengaturan dan penggabungan PTDIAN dan AIA disempurnakan melalui Keputusan Ketua LAN Nomor 41/LAN/UP/1972 dan Keputusan Ketua LAN Nomor 002/LAN/ KET/HK/1975 tentang Organisasi dan Tata Kerja LAN. Lebih lanjut lagi, melalui Keputusan Presiden Nomor 20 Tahun 1989 tentang LAN, STIA LAN ditetapkan sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT). Pada akhirnya, melalui Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 1999 tentang STIA LAN ditetapkan sebagai Perguruan Tinggi Kedinasan yang menyelenggarakan program pendidikan akademik dan profesional di bidang ilmu administrasi bagi pegawai negeri. Sampai saat ini sudah didirikan 3 (tiga) STIA LAN di beberapa daerah diantaranya Jakarta, Bandung dan Makassar.

Belajar tanpa meninggalkan pekerjaan karena jam perkuliahan Pagi, Sore - Malam;
Pembelajaran diorientasikan pada kompetensi akademik profesional;
Dosen berasal dari kalangan akademis dan praktisi;
Pengakuan SKS/alih kredit bagi para mahasiswa yang berijasah DI, DII, DIII, DIV serta S1;
Memiliki standar nasional Perguruan Tinggi melalui akreditasi BAN PT dan Standar Internasional Pelayanan dalam wujud ISO 9001:2015 dari SGS
Komputerisasi sistem administrasi akademik (SIMAK) mempermudah mahasiswa mengakses data akademik;
Proses pembelajaran interaktif (Andragogi);
Link dengan alumni DIKLATPIM sebagai praktisi administrasi dalam pengajaran;
No Program Studi Jenjang Gelar Akademik
1 Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (MSDMA) Sarjana Terapan (S1) S.Tr.A.P
2 Administrasi Pembangunan Negara (APN) Sarjana Terapan (S1) S.Tr.A.P
3 Administrasi Bisnis Sektor Publik (ABSP) Sarjana Terapan (S1) S.Tr.A.B
4 Administrasi Pembangunan Negara (APN) Magister Terapan (S2) M.Tr.A.P
4 Administrasi Bisnis Sektor Publik (ABSP) Magister Terapan (S2) M.Tr.A.B
5 Manajemen Sumber Daya Manusia Aparatur (MSDMA) Doktor (S3) Dr.
6 Administrasi Pembangunan Negara (APN) Dokotr (S3) Dr.