Berita Kegiatan

PEKERTI sebagai Bekal Menyiapkan Dosen Terampil di Era Revolusi Industri 4.0

PEKERTI sebagai Bekal Menyiapkan Dosen Terampil di Era Revolusi Industri 4.0

Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) pada tanggal 26-30 April 2021, sebagai prasyarat bagi dosen untuk melaksanakan pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan Sistem Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia. Pelatihan PEKERTI ini bekerjasama dengan Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Jakarta.
Kegiatan ini dibuka oleh dan diikuti oleh dua puluh orang dosen Politeknik STIA LAN Jakarta secara daring. Para pemateri adalah para dosen dan ahli ilmu Pendidikan dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ).

Materi yang dipelajari oleh para dosen pada PEKERTI yang berlangsung selama sepekan ini adalah Landasan dan Sistem Regulasi di Perguruan Tinggi, Pengembangan Kurikulum, Perkembangan dan Pembelajaran Orang Dewasa, Teori Belajar, Pembelajaran, dan Motivasi, Desain Instruksional, Model-Model Pembelajaran Aktif/Inovatif di Perguruan Tinggi, Pengembangan Media dan Bahan Ajar, Evaluasi Pembelajaran, dan Presentasi Review dan Revisi RPS.

Pada pembukaan PEKERTI, Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A. selaku Direktur Politeknik STIA LAN Jakata mengatakan bahwa kegiatan ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan kemampuan dan keterampilan dosen dalam menyampaikan pembelajaran yang berkualitas, untuk menyongsong revolusi industri 4.0. Kegiatan pembukaan PEKERTI juga dihadiri oleh Dr. Asep Supena, M.Si. selaku Ketua LP3 UNJ, yang  mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat membantu Politeknik STIA LAN Jakarta menemukan karakter pembelajaran dan pengembangan kurikulumnya, khususnya sebagai perguruan tinggi vokasi atau terapan. 

Salah salah seorang peserta pada kegiatan ini, Nila Kurniawati, M.A.P. mengatakan bahwa ia mendapatkan ilmu yang sangat banyak, menarik  dan bermanfaat untuk bekal memberikan perkuliahan kepada mahasiswa. Nila berharap bahwa kegiatan ini mampu dilanjutkan pada pelatihan Applied Approach untuk mempersiapkan dosen Politeknik STIA LAN Jakarta menuju pemberian pembelajaran berkualitas. Hal ini sesuai dengan yang disampaikan Wakil Direktur I Bidang Akademik pada sesi penutupan PEKERTI, Dr. Mala S.S. yang mengatakan bahwa ke depannya, Politeknik STIA LAN Jakarta akan terus berupaya mengakomodir setiap kebutuhan dosen dan tendik dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi maupun dalam kegiatan operasional kantor pada umumnya.

#diklat #pekerti #politeknik #stialan #jakarta #makarti #bhakti #nagari #kampus #pmb #kampusjakarta #vokasi #terapan #pembelajaran #kurikulum #asncorpu

 

BERITA LAINNYA

Kegiatan
  • admin-web
  • 10 Mei 2021