Berita Kegiatan

FGD Pengelolaan Koleksi Repositori Politeknik STIA LAN Jakarta

FGD Pengelolaan Koleksi Repositori Politeknik STIA LAN Jakarta

Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Pengelolaan Koleksi Repositori Tugas Akhir Mahasiswa, dengan Narasumber Dwi Fajar Saputra pustakawan dari Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Negara Veteran Jakarta, yang dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom pada hari Senin, 3 Mei 2021.

FGD ini dibuka oleh ibu Iih Faihaah, S.IP.,M.Si Kabag Keuangan dan Umum  Politeknik STIA LAN Jakarta mewakili Pimpinan Politeknik STIA LAN Jakarta, Iih   mengatakan bahwa Politeknik STIA LAN Jakarta menyambut baik bantuan dari Mas Dudu selaku narasumber untuk instalasi sistem repositori berbasis sistem SLIMS STIADI di Politeknik STIA LAN Jakarta. Iih berharap bahwa sistem ini dapat semakin meningkatkan publikasi mahasiswa agar dikenal luas oleh masyarakat dan dunia akademik pada khususnya, sebagai perguruan tinggi yang berciri khas terapan ilmu administrasi.

Dwi Fajar Saputra atau Mas Dudu selaku narasumber pada kegiatan ini mengatakan bahwa landasan hukum implementasi Repositori Institusi ini didasarkan pada surat edaran Dirjen Belmawa tentang Sarana Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa, dan Surat edaran Dirjen Risbang Tentang Pendaftaran Diri Dosen dan Peneliti di Portal SINTA.

Mas Dudu  juga menyampaikan bahwa tahapan membangun repositori dimulai dari sumber daya manusianya, kemudian materi digital, kebijakan tertulis, serta anggaran dan infrastruktur hardware dan software.

Terdapat banyak manfaat dari repositori digital institusi, di antaranya adalah dapat meningkatkan daya saing institusi di mata masyarakat, menjamin pelestarian karya intelektual yang disimpan dalam format digital, memberikan peluang untuk promosi setiap hasil karya, melahirkan ide-ide segar dalam proses penulisan karya, serta menjadi aksesibilitas dalam  menyebarkan informasi, sehingga dapat dimanfaatkan dalam bentuk kutipan, ujar mas Dudu.

Diskusi ini berjalan lancar, beberapa peserta memberikan masukan  diantaranya Kepala Unit TI Politeknik STIA LAN Jakarta Izzul Fatchu Reza, SAN.,MPA yang  mengatakan bahwa repositori ini sangat dibutuhkan agar karya tulis mahasiswa tidak berhenti di perpustakaan lembaga, namun juga dapat diakses oleh masyarakat luas dan dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Kepala Unit TI juga berharap bahwa repositori ini tidak hanya diperuntukkan untuk mahasiswa, namun juga bagi artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian kepada masyarakat dosen.

Diskusi FGD ini diikuti oleh segenap tendik dan pejabat struktur akademik, serta para pustakawan di Politeknik STIA LAN Jakarta. Diskusi FGD ini mendapatkan sambutan antusias dari para peserta dan manajemen Politeknik STIA LAN Jakarta yang berharap agar sistem ini dapat segera diaplikasikan dan disediakan infrastrukturnya. 

#slims #stiadi #perpustakaan #fgd #politeknik #stialan #jakarta #politeknikstialanjakarta

 

BERITA LAINNYA

Kegiatan
  • admin-web
  • 10 Mei 2021