PENGARUH KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA, DAN PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAHAN TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH PADA SATUAN KERJA PEMERINTAH PUSAT DI WILAYAH JAWA BARAT

Yuniar Rasyid

Abstract


Perkembangan opini yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kewajaran informasi dalam Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dalam 5 (lima) tahun terakhir semakin baik. Hal ini terlihat dari semakin baiknya opini yang diberikan BPK yaitu LKPP sejak tahun 2016 mendapat opini yang terbaik yaitu Wajar Tanpa Pengecualian. Adapun tahun 2013- 2015 LKPP masih menerima opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Hal tersebut tentu saja karena Laporan Keuangan Kementerian/ Lembaga (LK K/L) dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) juga semakin baik. Seperti yang dketahui LKPP merupakan gabungan seluruh LK K/L dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara. Walaupun sudah semakin baik opini yang didapat oleh K/L atas Laporan Keuangannya, ternyata BPK masih menemukan kelemahan kelemahan dalam pengelolan keuangan K/L dan menjadi catatan perbaikan yang harus ditindak lanjuti pemerintah. Kelemahan tesebut antara lain kelemahan dalam penatausahaan dan pencatatan Persediaan dan penatausahan dan pencatatan Aset Tetap. Berdasarkan latar belakang itu, penulis melakukan penelitian mengenai faktor faktor yang dapat mempengaruhi kualitas Laporan Keuangan K/L yang tercermin dari opini BPK yang didapat oleh K/L atas kewajaran informasi LK K/L. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesione ke responden yang merupakan para penyusun Laporan Keuangan di Satuan Kerja Pemerintah Pusat di wilayah Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data menggunakan pendekatan Partial Least Square (PLS), suatu metode statistika SEM berbasis varian, untuk menguji pengaruh kompetensi sumber daya manusia dan penerapan standar akuntansi pemerintahan terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan dan penerapan StandarAkuntansi Pemerintahan juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan pada pada Satuan Kerja Pemerintah Pusat di Wilayah Jawa Barat.

Kata Kunci : Laporan Keuangan Pemerintah, Sumber Daya Manusia, Standar Akuntansi Pemerintahan, Partial Least Square, Structural Equation Modeling (SEM).


Full Text:

PDF PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Aneka Cipta.

Armel, Raja Yoga Gustika, 2017, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar

Akuntansi Pemerintahan, Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Sistem Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Satuan Kerja Perangkat Daerah Kota Dumai), JOM Fekon, Vol.4 No.1 (Februari) 2017.

Busro, Muhammad. 2018. Teori - Teori Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama, Prenadamedia Group.

Evicahyani, Sagung Inten dan Nyoman Djinar Setiawina, 2016, Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tabanan, E- Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5.3 (2016).

Ghozali, Imam. 2013, Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program PLS, Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitrawansah, 2015, Faktor- faktor yang memengaruhi kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi empiris pada Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai) dalam laman http://repositori.uin-alauddin.ac.id/6791/1/Fitrawansah.pdf. Diakses tanggal 11 Februari 2019

Hery, 2016. Analisis Laporan Keuangan- Integrated and Comprehensive Edition. PT Grasindo. Hussey, Roger. 1999. A Dictionary of Accounting, oxford Paperback Reference, Oxford

UniversityPress.

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE-

Y ogyakarta.

International Public Sector Accounting Standards Board, Handbook of International Public Sector

Accounting Pronouncements, 2018 Edition Volume 1, IPSAS, copyright September 2018 by

IFAC.

Jogiyanto, H.M. dan Abdillah, W. 2009. Konsep dan Aplikasi PLS (partial least square) untuk

penelitian empiris. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4.

Kartika, Juliani Cahya dan Eddy Budiono, 2015, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Implementasi Sistem Akuntansi Instansi, Dan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan(Studi Kasus Pada Satuan Kerja Di Lingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia), e-Proceeding of Management : Vol.2, No.3 Desember 2015.

Lasmara, Freddie dan Sri Rahayu, 2016, Pengaruh Kompetensi Sumberdaya Manusia, Perangkat Pendukung dan Peran Auditor Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Kerinci, Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah Vol. 3 No. 4, April-Juni 2016

Nugroho, Alih Aji. 2018. Labor Market Flexibility: Advantages for Workforce or Threat?. Policy & Governance Review, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 132-147, nov. 2018. ISSN 2580-4820. Available at: . Date accessed: 08 july 2019. doi: https://doi.org/10.30589/pgr.v2i2.87.

Pujanira, Putriasri dan Abdullah Taman, 2017, Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DIY, Jurnal Nominal / Volume VI Nomor 2 / Tahun 2017.

Peraturan Pemerintah nomor 24 tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Peraturan Pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan.

Siregar, Baldric. 2002. Akuntansi Sektor Publik (Akuntansi Keuangan Pemerintah Daerah Berbasis

Akrual). UPP STIM YKPN.

Sugiri, Slamet dan Bogat Agus Riyono. 2018. Akuntansi- Pengantar 1. Edisi kesepuluh. UPP STIM

YKPN.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sunyoto, D. . 2010. Uji KHI Kuadrat dan Regresi untuk Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu. Suparwoto, L, 1990, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Edisi 1. BFE, Yogyakarta.

Umar, H. . 2011. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

Undang-undang (UU) nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-undang (UU) nomor 1 tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara.

Undang-undang nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Dan Tanggung Jawab Keuangan Negara. Wati, Kadek Desiana, Nyoman Trisna Herawati, dan Ni Kadek Sinarwati, 2014, Pengaruh

Kompetensi SDM, Penerapan SAP, Dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah, e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Volume 2 No: 1 Tahun 2014).




DOI: https://doi.org/10.32834/gg.v15i1.97

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secretariat

Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Jakarta

Jl. Administrasi II, Pejompongan, Jakarta Pusat 10260

Phone: (021) 532 6396

jurnalgg@stialan.ac.id

View My Stats