Pengelolaan Komunikasi Publik

Thoriq Ramadani

Abstract


Penelitian ini berupaya menemukan jawaban tentang bagaimana implementasi pengelolaan komunikasi publik di Sekretariat Jenderal Dewan Energi Nasional (DEN). Dengan melihat implementasi dan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi pengelolaan komunikasi publik, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Diungkap bahwa implementasi sudah berjalan, walaupun masih bisa ditingkatkan. Ada beberapa hal yang menjadi perhatian informan terkait keterbatasan anggaran dan peralatan yang ada, namun adanya keterbatasan itu tidak mempengaruhi motivasi bekerja dan bahkan menjadi masukkan untuk lebih meningkatkan lagi dalam hal sinergi pengelolaan komunikasi publik ke depan, melalui kerja sama dengan Kementerian/Lembaga Anggota DEN. Peningkatan pengikut media sosial yang signifikan juga menjadi salah satu ukuran pencapaian.


Full Text:

PDF PDF

References


Aprinta EB, G., & Dwi SW, E. (2017). Hubungan Penggunaan Media Sosial dengan Tingkat Kepekaan Sosial di Usia Remaja. The Messenger Volume 9, Nomor 1, 65-69.

Besman, A., Adiputra, A. V., & Saputra, S. J. (2018). Komunikasi Presiden Joko WIdodo dalam Vlog #Baliaman. Jurnal Penelitian Komunikasi Vol. 21 No. 1, 43-56.

Buluamang, Y. M. (2018). Hubungan antara Perilaku Komunikasi Kepala Daerah dengan Citra Publik dan Ekspektasi Publik. Jurnal Studi Komunikasi dan Media Vol. 22 No. 1, 75-87.

Edwards III, G. C. (1980). Implementing Public Policy. Washington DC: CQ Press.

Heryanto, G. G. (2015). Model hubungan Politik Era Pemerintahan Jokowi: Mengkaji Peran Media dan Partisipasi Publik. Jurnal Communicate Vol. I No. 1, 31-45.

Munandar, H., & Suherman, M. (2016). Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media Sosial. Prosiding Hubungan Masyarakat Volume 2, No. 1, (pp. 423-430).

Purwanto, E. A., & Sulistyastuti, D. R. (2012). Implementasi Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Yogyakarta: Gavamedia.

Ramadani, T. (2018). Pengelolaan Energi Nasional: Modal Pembangunan Bangsa. Jurnal “Administrasi Publik” Volume XIV Nomor 2, 143-149.

Sari, D. M., & Sunarya, D. M. (2017). STRATEGY OF HUMAS TOURISM MINISTRY IN DISSEMINATING THE INDONESIAN TOURISM THROUGH ONLINE MEDIA. Pantarei Vol. 1 No. 01, 1-20.

Suprawoto. (2018). Government Public Relations Perkembangan & Praktik di Indonesia. Jakarta: Prenadamedia Group.

Watie, E. D. (2011). Komunikasi dan Media Sosial. THE MESSENGER, Volume III, Nomor 1, 69-75.

Zubair, F., Dewi, R., & Kadarisman, A. (2018). Strategi Komunikasi Publik dalam Membangun Pemahaman Mahasiswa terhadap Penerapan PTNBH. Profetik Jurnal Komunikasi Vol.11 / No.2, 74-84.

Lain-lain:

Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Kebijakan Publik.

Peraturan Menteri ESDM Nomor 9 Tahun 2009 Tentang Tugas dan Fungsi Organisasi Setjen DEN.

Usman, E, “Capaian Kinerja Sektor ESDM: Kontribusi Minyak dan Gas dalam Pemenuhan Kebutuhan Energi Nasional”, (paparan dipresentasikan pada Sosialisasi Capaian Pengelolaan Sektor ESDM), Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Indonesia 30 November 2018.

Soeriawidjaja, A. K, "Government Public Relations Narasi Tunggal", (paparan dipresentasikan pada Forum Kehumasan DEN), Jakarta, Indonesia, 23 Oktober 2018.




DOI: https://doi.org/10.32834/gg.v15i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secretariat

Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Jakarta

Jl. Administrasi II, Pejompongan, Jakarta Pusat 10260

Phone: (021) 532 6396

jurnalgg@stialan.ac.id

View My Stats