EFEKTIVITAS PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT OLEH PUSKESMAS DI KABUPATEN MANGGARAI

Yusuf Hariyoko, Yanuarius Dolfianto Jehaut, Adi Susiantoro

Abstract


Puskesmas adalah organisasi pemberi layanan keseshatan yang ada di semua daerah. Peran Puskesmas sangat penting untuk memberikan layanan kesehatan, dengan memberikan penanganan pada pasien dan sosialisasi untuk masyarakat. Efektifitas dalam mencapai tujuan tersebut perlu mempertimbangkan berbagai aspek yang penting dan merupakan sebuah proses. Penelitian ini bersifat kualitatif yang berusaha untuk melihat masalah dengan mendalam. Hasil dan temuan dari penelitian ini dilihat dalam sudut pandang proses dalam sistem layanan kesehatan terdiri dari tahapan input sudah berjalan dengan baik, segi proses masih perlu perbaikan dalam sosialisasi, output masih perlu ditingkatkan, dan produktifitas masih rendah dan memiliki catatan perbaiki. Selain hal tersebut ada faktor sarana dan prasarana masih belum memuaskan pengguna layanan serta kinerja pegawai masih kurang dilihat dari minimnya motivasi dan kurangnya integritas.

Kata Kunci: efektifitas, layanan kesehatan, Puskesmas


Full Text:

PDF

References


Allen, J. E. (2003). Nursing Home Administration: Fourth Edition. Springer Publishing Company.

Ardiputra, S. (2020). Aspek Tangible Pada Pelayanan Jasa Pos Di Kantor Pos Cabang Pasangkayu 91571. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(2). https://doi.org/10.30996/JPAP.V6I2.4294

Chisillia, E., & Muazansyah, I. (2018). Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Tanjung Palas Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara. JPAP Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 4(2), 1008–1021.

Firdaus, S. K., & Santoso, T. (2017). Kualitas Pelayanan Puskesmas Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Di Puskesmas Kalirungkut Kota Surabaya. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(1), 621–626. https://doi.org/10.30996/ jpap.v3i1.1230

Hariyoko, Y., & Puspaningtyas, A. (2017). Penataan Kelembagaan Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sampang. Seminar IQRA, 1(01). http://jurnal.untag- sby.ac.id/index.php/iqra/article/view/5008

Indartuti, E. (2019). Efektifitas Pelaksanaan Kebijakan Kemitraan Industri Batik Rumahan ‘Batik Moch. Salam’ Di Desa Ngaresrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo. 17(2), 55–66.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 tentang Puskesmas, (2014).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook (Third). SAGE Publications, Inc.

Nisa, L. S., Siska, D., Putryanda, Y., Noor, G. S., Perkantoran, K., Provinsi, P., & Kesehatan, A. (2017). Pemetaan Fasilitas Kesehatan Pada Puskesmas di Kalimantan Selatan. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 12(2), 219–229.

Rahasia, P. R., Kimbal, M., & Undap, G. (2018). Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas (Suatu Studi di Puskesmas Manganitu Kecamatan Manganitu Kabupaten Kepulauan Sangihe). Eksekutif: Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 1(1).

Sari, I. M., Sulistyarini, W., & Hertanti, D. (2020). Efektivitas Kinerja Pelayanan Berbasis Sistem E-Health Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR. Soewandhi Surabaya. Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 6(1), 106–119.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Penerbit Mandar Maju.

Wicaksono, A. S., & Wibawani, S. (2016). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Sosialisasi Dan Edukasi Konsumen Cerdas Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (Mea) Oleh Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Provinsi Jawa Timur. Jurnal Dinamika Governance, 6(2), 111–126.

Yayat, R. (2017). Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Pasirjambu. Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi (JIMIA), XI(2), 56–65. http://eprints.uny.ac.id/17523/1/SKRIPSI FULL.pdf




DOI: https://doi.org/10.32834/gg.v17i2.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secretariat

Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Jakarta

Jl. Administrasi II, Pejompongan, Jakarta Pusat 10260

Phone: (021) 532 6396

jurnalgg@stialan.ac.id

View My Stats