Faktor Strategis Terhadap Keberhasilan dan Keberlanjutan Proyek Perubahan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Pasca Pelatihan

Purwastuti Purwastuti

Abstract


Undang undang nomor 5 tahun 2014, mengamanatkan 3 (tiga) kompetensi yang harus dimiliki ASN, yaitu Kompetensi Manajerial, Kompetensi Teknis dan Kompetensi Sosial Kultural.  Sebagai tindak lanjut telah pula terbit Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017  dan telah direvisi dengan Nomor 17 tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS, yang salah satunya adalah kewajiban mengikuti Pelatihan Manajerial bagi birokrat pemerintah, seperti JPT Pratama ataupun JPT Madya. Pelatihan merupakan salah satu usaha untuk mengisi gap kompetensi seorang pimpinan, yang diharapkan mampu menjadi seorang pemimpin yang adaptif, kemampuan berinovasi dan kolaborasi  yang harus dimiliki oleh seorang pimpinan pada posisi Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama dengan posisi kepemimpinan yang strategis.. LAN sebagai instansi Pembina Pelatihan telah menjawab tantangan sesuai dengan mandatnya, dengan melakukan reformasi di bidang kurikulum penyelenggaraan pelatihan kepemimpinan. Point penting dari perubahan kurikulum pelatihan adalah adanya tantangan bagi peserta untuk membuat sebuah proyek perubahan dengan melakukan sebuah terobosan atau inovasi di unit kerja di instansi masing masing peserta. Banyak pertanyaan terkait keberlanjutan proyek perubahan setelah peserta kembali ke unit kerjanya, apakah proyek perubahan tersebut tetap di lanjutkan atau tidak. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka dilakukan penelitian evaluasi pasca Pelatihan atau Tracer study, untuk mencari faktor faktor strategis yang berpengaruh terhadap keberlanjutan sebuah proyek perubahan, baik  berupa kendala ataupun support terhadap keberlanjutan proyek perubahan. Penyelesaian sebuah proyek perubahan akan dibimbing oleh seorang coach dari instansi penyelenggara pelatihan dan mentor dari instansi peserta.

Kata kunci: Kepemimpinan, Pelatihan, Coaching, Mentoring, Evaluasi dan Proyek Perubahan


Full Text:

PDF

References


Amstrong, Michael, dan Baron, Angela, (1998), Performance Management, Intitute Of Personnel and Development, The Cromwell Press, Wiltshire

Butler, Lynne dan Leac, Nigel, (2011), Action Learning for Change (a practical guide for managers), Management Books 2000 Ltd, Forge House, Limes Road, Kemble, Cirencester, Gloucestershire, GL& 6 AD, UK

Ian Fleming & Allan J.D Taylor, The Coaching Pocketbook (2013), Published by Management Pocketbooks Ltd

Jack.J.Philip, Handbook of Training Evaluation and Measurement Methods, (1945), Published Company, Houston, Texas

James J. Cribbin, Kepemimpinan, Strategi Mengefektifkan Organisasi (1985), PT. Pustaka Binaman Pressindo

James A.F. Stoner, Charles Wankel, Management, (1987), Published by Prentice Hall of India Private Limited M – 97.

Kouzes, James M and Posner, Barry Z (1995), The Leadrship Challenge (How to Keep Getting Extraordinary Things Done in Organization), Jossey – Bass Publishers/San Francisco

Nanus, Burt, (2001), Kepemimpinan Visioner, judul asli: Visionery Leadership: creating compelling sense of direction foryour organisation, Edisi bahasa Indonesia, PT Prenhallindo

Purwanto, dan Suparman, Atwi (1999), Evaluasi Program Diklat, STIA LAN PRESS

Rolf P. Lynton dan Udai Pareek—Pelatihan dan Pengembangan Tenaga Kerja (1998), Pustaka Binaman Jakarta

Tomaschek, Nino, (2006), Systemic Coaching (A Target_Oriented Approach to Consulting), printed by fgb, Freiburgi, Breisgau, Netherland

Wardiyanta, (1986), Pengantar Penelitian Hukum (Cet. 3; Jakarta: Universitas Indonesia, , Metode Penelitian Pariwisata (t.c; Yogyakarta: Andioffset, t.th).

Wikipedia bahasa Indonesia, Ensiklopedia bebas Manajemen Sumberdaya Manusia, Cut Zurnali (2004)

KAJIAN PUSTAKA .COM, Beranda / Mentoring (Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis dan Tahapan Kegiatan) Mentoring (Pengertian, Fungsi, Unsur, Jenis dan Tahapan Kegiatan), Muchlisin Riadi, Desember 04, 2019

REFERENSI PERATURAN

Undang Undang nomor 5 tahun 2014 tentan Aparatur sipil Negara

Peraturan Pemerintah no 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS

Peraturan Pemerintah no 17 tahun 2020 tentang Manajemen PNS, sebagai perubahan atas Peraturan Pemerintah no 11 tahun 2017 tentang Manajemen PNS

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan RB nomor 38 tahun 2017 tentang Standar Kompetensi ASN

Peraturan KEPALA LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA NOMOR 9 TAHUN 2008 TENTANG PEDOMAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI WIDYAISWARA

Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Peraturan Kepala LAN nomor 18 tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Diklat Kepemimpinan Tk. II

Keputusan Kepala LAN NOMOR : 311/K.1/PDP.07/2019 TENTANG PEDOMAN PENYELENGGARAAN PELATIHAN KEPEMIMPINAN NASIONAL TINGKAT II

PENELITIAN SENADA

Anna Grohmann and Simone Kauffeld dalam International Journal of Training and Development 17:2 ISSN 1360-3736 doi: 10.1111/ijtd.12005 dengan judul “Evaluating training programs: development and correlates of the Questionnaire for Professional Training Evaluation” Article in International Journal of Training and Development · June 2013

Rosmah Mohamed, and Arni Ariyani Sarlis Alias, (2012) Evaluating the Effectiveness of a Training Program Using the Four Level Kirkpatrick Model in the Banking Sector in Malaysia. In: 3rd International Conference on Business and Economic Research, 12-13 March 2012, Bandung, Indonesia. (Unpublished)

. Rangga Ramdhoany Alsyaibany, The evaluation of effectiveness on education and training program (The Research on Diklat Increasing Added Value of Bauxite Ore Program in West Borneo) oleh 1Insitut Agama Islam Negeri Pontianak, Pontianak, Indonesia © 2019 The Authors. Published by Redwhitepress.This is an open access article under the CC BY-NC-SA license (https://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/ 3.

AlYahya , Mohammed Saad, EVALUATION OF EFFECTIVENESS OF TRAINING AND DEVELOPMENT: The Kirkpatrick Model oleh University Utara Malaysia College of Business (UUM HRM) Malaysia . E-mail: msy330@hotmail.com Dr. Norsiah Binti Mat University Utara Malaysia College of Business (UUM HRM) Malaysia.E-mail: norsiah@uum.edu.my www.ajbms.org Asian Journal of Business and Management Sciences ISSN: 2047-2528 Vol. 2 No. 11 [14-24]

Yarra Waninda Permanasari , Mirwan Surya Perdhana, PROSES TRANSFORMASI PT. POS INDONESIA (Studi Kasus Pada Kantor Processing Centre Semarang) yarrapermana@gmail.com, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Soedharto SH Tembalang, Semarang 50275, Phone: +622476486851 DIPONEGORO JOURNAL OF MANAGEMENT Volume 6, Nomor 4, Tahun 2017, Halaman 1-13 http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/dbr ISSN (Online ): 2337-3792




DOI: https://doi.org/10.32834/gg.v17i1.257

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secretariat

Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Jakarta

Jl. Administrasi II, Pejompongan, Jakarta Pusat 10260

Phone: (021) 532 6396

jurnalgg@stialan.ac.id

View My Stats