INTEGRASI NILAI RELIGIUSITAS DENGAN KEPEMIMPINAN ADAPTIF PADA PELATIHAN KEPEMIMPINAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PROVINSI JAWA BARAT

Yudis Jakaria

Abstract


Dibalik program-program pelatihan kepemimpinan yang berorientasi kompetensi kerja dan pada kemajuan teknologi, untuk menyiapkan Aparatur Sipil Negara dan para pemimpin yang adaptif terhadap perubahan, aspek penguatan nilai religiusitas belum dijadikan upaya kontributif solutif bagi Aparatur Sipil Negara dalam menghadapi era revolusi industri 4.0. Demikian juga pada materi-materi pelatihan yang dilaksanakan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat, aspek religiusitas belum diintegrasikan dengan materi kepemimpinan adaptif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran empirik, mengidentifikasi, dan menganalisis data serta informasi mengenai integrasi nilai religius dengan kepemimpinan adaptif pada pelatihan kepemimpinan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi dan wawancara. Uji keabsahan data dilaksanakan melalui teknik triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan pengumpulan data mentah, transkip data, pembuatan koding, kategori data, penyimpulan sementara, triangulasi dan penyimpulan akhir. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai religiusitas dengan kepemimpinan adaptif belum terintegrasi karena kurangnya inisiatif dari Widyaiswara dalam meramu materi ajar yang mengandung muatan nilai-nilai religiusitas. Selain itu karena nilai religiusitas tidak secara eksplisit dipersyaratkan menjadi bagian khusus pada kurikulum pelatihan kepemimpinan di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Jawa Barat. Sebagai langkah praktis dalam upaya pengintegrasian nilai religiusitas dengan kepemimpinan adaptif dalam pelatihan kepemimpinan, disarankan menggunakan strategi penyajian nilai religiusitas secara implisit oleh para Widyaiswara dengan metode model integrasi.

Kata Kunci : Integrasi, Nilai Religiusitasitas, Kepemimpinan Adaptif, Pelatihan Kepemimpinan.


Full Text:

PDF

References


Adhim, F. 2009. Pengaruh Religiusitas Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Alumni dan Bukan Alumni Pesantren (Studi pada Kantor Depag Kabupaten Bangkalan). Jurnal Modernisasi. Vol. 5 (2): hal. 128 – 154.

Alma’arif, Arif. 2016. Adaptive Public Leadership: Tantangan Kepemimpinan Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Amaliah, I., et al. 2015.. The Impact of the Values of Islamic Religiosity to Islamic Job Satisfaction in Tasikmalaya West Java, Indonesia, Industrial Centre. Science Direct.

Armstrong, M. & Baron, A. 2005. Managing Performance: Performance Management in Action. UK: CIPD Publishing Aziz, Abdul, W .2011. Anatomi Organisasi dan Kepemimpinan Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Baldwin, T. & Ford, K. 1988. "Transfer Of Training: Review Dan Arah Untuk Penelitian Masa Depan', Personil Psikologi, Musim Semi, Vol. 41 Edisi 1, p63-105

Bradberry, Travis dan Greaves, Jean. 2009. Emotional Intelligence 2.0. San Diego:Talent Smart.

Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Cowell, Charles, Clinton Pamela, McWhorter Rochell, Jorden Debra L. 2006. “Alternative Training Models”. Advances in Developing Human Resources, 8 (4), 460-475.

Efendi, Nur. 2014. Membangun Sekolah Yang Efektif dan Unggulan. Yogyakarta: Lingkar Media.

Galanou, Ekaterini & Priporas, Constatinous. 2009. “A Model for Evaluating the Effectiveness of Middle Manager’s Training Courses: Evidence from a Major Bangking Organisation in Greece”. International Journal of Training and Development, 13, (4), 221-246

Garmo, Skip. 2013. Kepemimpinan yang Efektif; Tantangan Karakter. Jakarta: Kesaint Blanc.

Hakim, Abdul. 2007. Kepemimpinan Islami. Semarang : Unissula Press.

Heifetz, Ronald A. And Laurie, Donald L. .1998. "Adaptive Strategy." Executive Excellence. Provo. Volume: 15. Issue: 12. December.

Heifetz, Ronald, Alexander Grashow, dan Marty Linski. 2009. The Practice of Adaptive Leadership Tools and Tactics for Changing Your Organization and The World. Harvard Business School Publishing, Massachusetts.

Hendropuspito, OC. 2000. Sosiologi Agama. cet 11, Yogyakarta: Kanisius.

Highsmith, J. and A. Cockburn. 2001. “Agile software development: the business of innovation,” Computer (Long. Beach. Calif)., vol. 34, no. 9, pp. 120–127.

Hogan, Robert. 1969. Development of an empathy scale. Journal of Consulting and Clinical Psychology, 33, hlm. 307-316.

Hosking. D.M. 2001. Leadership: Classical, Contemporary, and Critical Approaches. NewYork: Oxford University Press.

Irawan, Prasetya. 2006. Penelitian Kualitatif & Kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Departemen Ilmu Administrasi FISIP-UI.

Judd, Daniel K. 1986. "Religious Affiliation and Mental Health," Issues in Religion and Psychotherapy: Vol. 12 : No. 2 , Article 6. Available at: https://scholarsarchive.byu.edu/irp/vol12/iss2/6

Lexy. J. Moleong. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, hlm. 3

McShane, S. L., & Von Glinow, M. A. 2010. Organizational Behavior: Emerging Knowledge and Practice for The Real World (5th ed.). New York: The McGraw-Hill Companies, Inc.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Nasution. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Nugroho, Taufan.,dkk. 2014. Kebijakan Publik Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Gramedia. Jakarta

Perankila, Arius Joanata. 2020. Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Dalam Kebijakan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Lahat. PESIRAH: Jurnal Administrasi Publik http://sijidp.ejournal.unsri.ac.id/index.php/jap

Pfiffner, Jhon, M & Presthus, Robert, V. 1967. Public Administration. New York: The Ronald Press.

Ridlowi, S.Sos, MA. 2019. Penyusunan Standar Kompetensi Jabatan dalam Rangka Implementasi Sistem Merit. Kanreg I Badan Kepegawaian Negara Yogyakarta, FGD Organisasi Setda Kota Yogyakarta.

Robbins, Stephen P & Judge, Timothy A. 2013. Organizational Behavior Edition 15. New Jersey: Pearson Education

Sauri, Sofyan. 2010. Membangun karakter bangsa melalui pembinaan profesionalisme guru berbasis pendidikan nilai. Universitas Pendidikan Indonesia.

Subarsono, A.G. 2013. Analisis Kebijakan Publik: Konsep, Teori dan Praktik, Pustaka Pelajar, Yogyakarta Stephen Robbins, Bruce Millet & Terry. 2007. Perilaku organisasi, 4th ed, Perairan-Rawa, Prentice Hall.

Stufflebeam, D. L. & Zhang, G. 2017. The CIPP Evaluation Model. New York: The Guildford Press.

Subandi. 2009. Psikologi Dzikir Studi Fenomenologi Pengalaman Transformasi Religius, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Suparman, R., & Lucita, G. 2018. Evaluasi Kinerja Alumni Pelatihan Kepemimpinan Menggunakan Sistem Informasi Dalam Jaringan: Temuan Awal. Jurnal Borneo Administrator, 14(2), 119-134.

Tan, H.P., D. Plowman, P. Hancock. 2007. Intellectual capital and financial returns of companies. Journal of Intellectual Capital. Vol. 8 No. 1. pp. 76-95.




DOI: https://doi.org/10.32834/gg.v16i2.203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Secretariat

Gedung Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi LAN Jakarta

Jl. Administrasi II, Pejompongan, Jakarta Pusat 10260

Phone: (021) 532 6396

jurnalgg@stialan.ac.id

View My Stats